Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Turki kepung dua kota yang dikuasai SDF

1.937

Support Us

TAL ABYAD (Arrahmah.com) – Pasukan Turki dan sekutunya telah mengepung dua kota perbatasan di timur laut Suriah yang dipegang oleh pasukan SDF yang didukung AS setelah ofensif darat yang berhasil menangkap beberapa desa di sekitarnya, ujar seorang juru bicara pejuang Suriah.

Mayor Youssef Hamoud mengatakan dua kota Ras Al Ain dan Tal Abyad sekarang dikepung setelah tentara Turki yang dibantu oleh pejuang oposisi Suriah yang dikenal sebagai Tentara Nasional merebut beberapa desa di sekitar mereka, lansir Reuters (11/10/2019).

Dua kota tersebut merupakan tujuan utama kampanye militer Turki untuk menggulingkan kelompok militan yang dipimpin Kurdi yang menguasai wilayah perbatasan di mana Ankara mengatakan ingin mendirikan apa yang disebut zona aman.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan pada Kamis (10/10) bahwa serangan Turki tidak akan bergerak lebih jauh dari 30 km ke timur laut Suriah, ketika pasukan Turki terus mendesak posisi militan Kurdi di hari kedua operasi.

Berbicara kepada penyiar CNN Turki, Cavusoglu mengatakan bahwa ancaman keamanan dari para pejuang Kurdi di perbatasannya akan dihilangkan jika daerah itu dibersihkan dari militan.

“Ketika kita pergi 30 km di zona aman, teror di sana akan dihapus,” klaimnya.

Cavusoglu juga mengatakan Turki memiliki hak untuk menggunakan ruang udara di atas Suriah sebagai bagian dari kampanyenya.

“Kami memiliki hak untuk menggunakan ruang udara tersebut,” katanya. “Ruang udara itu bukan milik Amerika Serikat. Mereka tidak punya hak untuk mengontrol ruang udara itu.”  (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan