Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan tangkap 4 orang terduga dalang serangan teror Mumbai

401

Support Us

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pihak berwenang Pakistan pada Kamis (10/10/2019) menangkap empat pembantu Hafiz Saeed, yang diduga sebagai dalang serangan empat hari di kota India, Mumbai, pada 2008, atas tuduhan pendanaan terorisme, kata polisi anti-terorisme.

Saeed, yang ditangkap atas tuduhan yang sama, telah diadili secara hukum sejak Juli, sebuah langkah yang disambut oleh Presiden AS Donald Trump yang menginginkan Pakistan berbuat lebih banyak untuk menindak militansi.

Tetapi penangkapan Saeed terjadi tepat sebelum kunjungan ke Washington oleh Perdana Menteri Imran Khan dan dipandang oleh saingan India sebagai cara untuk memperlancar jalan sebelum pertemuan dengan Trump.

Penangkapan Kamis ini dilakukan menjelang pertemuan Gugus Tugas Aksi Keuangan minggu depan, sebuah pengawas global, yang akan meninjau kemajuan yang dibuat oleh Pakistan dalam mengendalikan pendanaan teror dan pencucian uang.

Pakistan, yang termasuk dalam daftar abu-abu yang disusun oleh FATF, telah berada di bawah tekanan yang meningkat untuk menghentikan pendanaan kelompok-kelompok militan.

Keempat orang itu akan muncul di hadapan pengadilan pada Jumat, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Saeed, yang ditunjuk sebagai “teroris” oleh Amerika Serikat dan PBB, adalah pendiri Lashkar-e-Taiba, kelompok yang disalahkan oleh Amerika Serikat dan India atas serangan Mumbai, yang menewaskan lebih dari 160 orang.

Amerika Serikat telah menawarkan hadiah $ 10 juta untuk informasi yang mengarah pada Saeed.

Dia membantah terlibat dan mengatakan jaringannya, yang mencakup 300 madrasah dan sekolah, rumah sakit, rumah penerbitan dan layanan ambulan, tidak memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok “militan”. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan