Menlu AS minta UE kutuk Iran gelagat Adrian Darya

US Secretary of State Mike Pompeo says oil from the Adrian Darya 1 tanker has been offloaded in Syria and has called on the EU to condemn and hold Iran accountable. (AFP)
364

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Rabu (9/10/2019) meminta Uni Eropa untuk mengutuk Iran dan meminta pertanggungjawaban Teheran setelah ia mengatakan minyak dari kapal tanker Iran Adrian Darya telah dibongkar muat di Suriah.

“Minyak dari # AdrianDarya1 telah dibongkar di Suriah, membuktikan bahwa Iran berbohong kepada Inggris dan Gibraltar … Anggota UE harus mengutuk tindakan ini, menegakkan aturan hukum, dan meminta pertanggungjawaban Iran,” tulis Pompeo dalam sebuah posting di Twitter.

Inggris merebut kapal tanker itu pada bulan Juli di lepas pantai Gibraltar pada bulan Juli. Setelah pihak berwenang menerima jaminan tertulis resmi dari Teheran bahwa kapal tidak akan melepaskan 2,1 juta barel minyak dari Suriah, kapal itu dibebaskan.

Tetapi pada bulan September, menteri luar negeri Inggris mengatakan kapal tanker itu telah menjual minyak mentahnya kepada rezim Bashar Asad di Suriah, melanggar jaminan tersebut. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.