Berita Dunia Islam Terdepan

Iran deklarasikan dukung Houtsi untuk pertama kalinya

534

Support Us

TEHERAN (Arrahmah.com) – Iran telah lama membantah memberikan dukungan militer untuk teroris Syiah Houtsi di Yaman. Namun, akhirnya untuk pertama kalinya sejak pecahnya perang di Yaman pada tahun 2015, Iran mendeklarasikan dukungannya terhadap Houtsi.

Pengawal Revolusi menawarkan “penasehat dan dukungan intelektual” kepada Houtsi.

Kepala Staf Iran, Mayor Jenderal Mohammed Bagheri, mengaku memberikan dukungan semacam ini kepada Houtsi, dalam sebuah wawancara dengan Saluran TV China Phoenix.

Menurut Bagheri, Iran memberikan dukungan penasihat, senjata dan peralatan untuk Irak dan Suriah atas permintaan pemerintah mereka, dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), tentu saja, bertanggung jawab atas misi itu. Mayjen tidak membantah bantuan tentara Iran untuk pasukan IRGC di sana.

“Yaman saat ini sedang dikepung, dan semua entri ditutup. Bahkan obat tidak bisa dikirim ke sana untuk waktu yang lama,” kata Bagheri, yang membantah mengirim rudal ke Yaman.

“Bagaimana kita bisa mengirim rudal panjang meter ke Yaman sementara kita bahkan tidak bisa mengirim obat di sana?” Kata Bagheri. Dia menekankan bahwa bantuan Iran untuk Houtsi terbatas pada aspek konsultatif dan ideologis, dan mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa Pengawal Revolusi yang bertanggung jawab atas tugas ini.

Dia juga menunjukkan bahwa Iran mendukung rakyat Yaman sehingga mereka dapat menjaga agresi ini jauh dari negara mereka.

Teheran telah lama membantah mempersenjatai kelompok Houtsi di Yaman, tetapi PBB dan Arab Saudi menuduh mereka memberikan dukungan militer kepada kelompok itu.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan