170 pengungsi Wamena tiba di Makassar

Pengungsi Wamena Tiba di Makassar. (Foto: Antara)
165

MAKASSAR (Arrahmah.com) – Sebanyak 170 pengungsi dari Wamena, Papua tiba di Lapangan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (2/10) siang.

Pesawat Hercules A-1305 milik TNI AU membawa pengungsi yang berasal dari Sulsel, dan Jawa Timur. Untuk pengungsi Sulsel berjumlah 50 orang terdiri atas 34 orang dewasa dan 16 anak-anak. Sedangkan pengungsi yang berasal dari Jatim berjumlah 120 orang terdiri 105 orang dewasa dan 15 anak-anak.

Setiba di Lanud Sultan Hasanuddin, beberapa pengungsi harus mendapatkan perawatan dari tim kesehatan yang telah bersiaga.

Para pengungsi ini disambut oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah serta Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb.

Sementara itu, 120 orang yang berasal dari Jatim kembali melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan pesawat yang sama.

Wali Kota Makasssar Iqbal Samad Suhaeb menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk menangani para eksodus dari Wamena.

“Untuk Klinik kita sudah siapkan, tentu tidak semuanya harus ditampung di Asrama Haji pasti ada banyak keluarga yang jemput. Nanti juga kita antar. Kita sudah menurunkan semua dari Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan,” terangnya.

Ia menjelaskan, warga Makassar yang eksodus akan terus berdatangan mengingat sudah disiapkan pesawat untuk mengangkut mereka korban kerusuhan Wamena Papua.

“Akan terus datang pengungsi, ada tiga Hercules yang digunakan. Dijadwalkan besok malam ada lagi yang datang menggunakan kapal laut. Kami akan terus pantau perkembangannya,” pungkasnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.