Berita Dunia Islam Terdepan

Trump minta Khan dan Modi akur dan selesaikan krisis Kashmir

120

Support Us

NEW YORK (Arrahmah.com) – Presiden AS, Donald Trump, menyatakan pada Rabu (25/9/2019) bahwa dirinya telah memotivasi India dan Pakistan untuk menyelesaikan sejumlah perbedaan dalam beberapa pertemuan dengan perdana menteri kedua negara pekan ini.

“Saya bilang, ‘Kawan, selesaikanlah! Tuntaskan saja!’,” ujar Trump dalam konferensi pers setelah menghadiri sidang Majelis Umum PBB di New York kemarin (25/9).

“Keduanya adalah negara yang memiliki kekuatan nuklir Mereka harus mampu menuntaskannya,” tambahnya.

Ketegangan meningkat tahun ini antara India dan Pakistan, yang telah berperang tiga perang penuh, dua di wilayah Kashmir yang terbelah Himalaya.

Perdana Menteri India Narendra Modi bulan lalu mencabut otonomi daerah mayoritas Muslim dan memberlakukan tindakan keras di wilayah yang disengketakan tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mendesak Amerika Serikat untuk mengambil alih isu Kashmir, tetapi India telah lama menolak mediasi dari luar.

Trump menunjukkan dukungannya pada Minggu (22/9) untuk Modi dengan menghadiri rapat umum bersamanya di hadapan warga India-Amerika di Houston, tempat pemimpin nasionalis Hindu itu menuduh Pakistan mengobarkan ekstrimisme. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan