Berita Dunia Islam Terdepan

Alhamdulillah, Riau hujan, diperkirakan berlangsung dua hari

427

Support Us

PEKANBARU (Arrahmah.com) – Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau memperkirakan hujan masih berpotensi terjadi untuk dua hari ke depan di wilayah Riau, termasuk Pekanbaru.

“Hujan tersebut turun dengan intensitas lebat dengan durasi singkat dan bisa saja terjadi, umumnya potensi hujan di Riau masih ringan sampai dengan sedang,” kata Marzuki, staf Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (23/9/2019), lansir Antara. 

Ia menjelaskan, hujan yang melanda sebagian Kota Pekanbaru dan sejumlah daerah lainnya di Riau pada Senin sore (23/9) itu karena pembelokan angin di wilayah Riau.

Pembelokan angin dari arah Tenggara atau Selatan, tambahnya pada saat di atas wilayah Riau ada pembelokan sehingga terjadi pertemuan arah angin dan wilayah tersebut berpotensi pembentukan awan hujan

Ia menyebutkan, dari hasil pemantauan Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru melalui citra radar cuaca hujan terjadi di sebagian wilayah kabupaten Meranti, Bengkalis Siak, Pelalawan, Kampar, Kuansing, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru.

“Hujan ini dapat juga disertai petir dan angin kencang dan untuk hujan hari ini, terjadi karena adanya pembelokan angin di wilayah Riau, sehingga potensi pembentukan awan hujan di sebagian di wilayah Riau,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya hujan di Riau tentunya kondisi polutan atau asap akan berkurang terbawa oleh air hujan, sehingga udara lebih bersih dibandingkan sebelumnya.

Pantauan pada papan informasi terpajang di bahu jalan Nangka atau perempatan jalan layang menuju Mall SKA atau di seberang jalan pusat perbelanjaan modern Living World, terpampang ISPU dalam kondisi berbahaya.

Sementara itu hujan yang mengguyur sebagian daerah di Kota Pekanbaru, belum mampu menurunkan level ISPU tersebut, sehingga kabut asap masih menyelimuti kota ini.

Diketahui, sejumlah wilayah di Provinsi Riau mulai turun hujan pada Senin sore dan mengurangi sedikit kepekatan asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang mulai mengguyur pada Senin sore sekitar pukul 15.30 WIB di beberapa kabupaten/kota.

Daerah yang hujan di antaranya Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kecamatan Sei Apit dan Minas di Kabupaten Siak, Kota Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, dan Kota Pekanbaru.

Khusus di Kota Pekanbaru, hujan turun di daerah Simpang Tiga dekat Bandara Sultan Syarif Kasim II, kemudian di daerah Panam dan Arengka. Warga Pekanbaru mengucap syukur ketika hujan yang sangat dinantikan akhirnya turun.

“Alhamdulillah, hujan sudah turun cukup lebat di daerah Panam,” kata seorang warga, Yusril, lansir Antara.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan