Pakistan puji Cina karena dukung Kashmir

Chinese Ambassador for Pakistan, Yao Jing. Image: Google
473

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Sejumlah tokoh Pakistan memuji peran Cina atas masalah Kashmir dan berterima kasih atas dukungan terus menerus kepada orang-orang Kashmir yang telah menghadapi kekejaman di tangan pasukan India, lapor Dawn, hari ini (22/9/2019).

Pujian ini diungkapkan dalam sebuah acara yang diadakan untuk merayakan peringatan 70 tahun Republik Rakyat Tiongkok yang diselenggarakan oleh Pak China Institute di sebuah hotel di Islamabad.

Berbicara pada kesempatan itu, Duta Besar Tiongkok Yao Jing mengatakan Cina juga merayakan tujuh dekade persahabatan dengan Pakistan. Dia mengatakan Cina akan terus mendukung Pakistan untuk mendapatkan keadilan bagi rakyat Kashmir.

“Pakistan adalah sahabat Tiongkok yang paling berkelanjutan dan mendukung kami dalam setiap masalah. Pada 1960-an, Karachi adalah tempat kami harus berhenti saat pergi ke Eropa. Pada 1980-an ketika Cina dibuka, kami datang ke Islamabad untuk mempelajari model ekonomi anda. Kedua negara selalu saling mendukung dan Koridor Ekonomi Cina Pakistan (CPEC) adalah pengembangan hubungan terbaru,” katanya.

“Kita harus membuat diri kita cukup kuat untuk menghadapi tantangan dan harus membangun hubungan ekonomi,” lanjutnya.

Jing mengatakan semua partai politik di Pakistan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Partai Komunis Cina.

Wakil Ketua Majelis Nasional Pakistan, Qasim Suri, mengatakan Cina selalu mendukung Pakistan dan bahkan mengutuk kekejaman pasukan India di Kashmir.

Dia mengatakan pemerintah saat ini tulus untuk membangun hubungan baik dengan negara-negara tetangga.

“Tiongkok telah menarik 800 juta orang keluar dari kemiskinan selama 20 tahun terakhir yang merupakan contoh bagi dunia.”

Pemimpin Majelis Nasional, Shibli Faraz, mengatakan kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik dan kuat.

“Hubungan antar negara menghadapi masalah tetapi Pakistan dan Cina tidak pernah menghadapi masalah apa pun. Orang-orang dari kedua negara juga saling mencintai dan menghormati. Duta Besar Tiongkok telah memainkan peran sebagai jembatan antara kedua negara dan menjadi sangat terkenal di Pakistan,” pujinya.

Ketua Komite Kashmir Fakhar Imam mengatakan kedua negara memiliki hubungan baik dan selama lima tahun ke depan Cina akan menjadi raksasa ekonomi terbesar di dunia.

Mantan menteri dalam negeri Pakistan Rehman Malik mengatakan mereka yang melupakan nenek moyang mereka tidak bisa maju.

“Kita harus ingat bahwa Zulfikar Ali Bhutto-lah yang membangun hubungan dengan Cina dan kemudian Asif Ali Zardari yang melakukan upaya untuk membawa hubungan ke puncaknya. Saya menyarankan agar kita berbicara untuk pembangunan negara. Tiongkok telah mendukung kami dan selalu mendukung kami dalam masalah Kashmir,” katanya. Ketua Pak China Institute, Mushahid Hussain Syed, mengatakan kedua negara memiliki hubungan yang sangat dekat dan selalu saling mendukung.

“Kami bukan hanya tetangga tapi hati kami juga bertaut erat. Saya menyarankan bahwa harus ada kesinambungan dalam kebijakan karena itulah kunci kemajuan Cina,” katanya. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.