Qatar kutuk serangan terhadap fasilitas minyak Saudi

Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Bin Jassim Al-Thani. (Foto: Anadolu)
392

DOHA (Arrahmah.com) – Menteri luar negeri Qatar pada Senin (16/9/2019) mengutuk serangan pesawat tak berawak pada Sabtu lalu yang menghantam dua fasilitas perusahaan minyak milik negara Arab Saudi Aramco, lapor Anadolu.

“Kami mengutuk serangan terhadap fasilitas vital dan sipil di Buqayq,” Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani mengatakan dalam cuitan di Twitter.

Sebelumnya pada hari itu, pemberontak Syiah Houtsi di Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

“Perang dan konflik ini harus dihentikan dan upaya harus dilakukan untuk mencapai keamanan kolektif bersama di kawasan ini,” tambahnya.

Sejak 2015, koalisi pimpinan Saudi telah memerangi kelompok teroris Syiah Houtsi yang didukung Iran di Yaman. Ribuan orang Yaman terbunuh dan mendorong negara itu ke ambang kelaparan.

Houtsi, yang rudal balistiknya biasanya dicegat oleh sistem pertahanan udara Saudi, dalam beberapa bulan terakhir menggunakan drone bersenjata untuk menargetkan situs-situs strategis di Arab Saudi.

Pemerintah AS menuduh Iran mengarahkan serangan sementara Arab Saudi masih menunggu hasil penyelidikan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.