Kabut asap semakin parah, warga Riau gelar Sholat Istisqa

165

PEKANBARU (Arrahmah.com) – Kabut asap yang sudah mencapai level berbahaya serta hujan pun tak jua turun membuat masyarakat kabupaten Indragiri Hulu, Riau melakukan sholat Istisqa atau untuk shalat meminta hujan kepada Allah SWT.

Pelaksanaan sholat Istisqa bertempat di Pulau di Pinggiran sungai Indragiri Desa Pauhranap kabupaten Indragiri hulu Riau, Ahad (15/9/2019).

Shalat Istisqo diikuti ratusan penduduk desa, diawali dengan sholat berjamaah, sambutan dari tokoh masyarakat setempat lalu membaca doa bersama.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) makin menjadi-jadi. Banyak wilayah di Sumatera dan Kalimantan yang diselimuti asap tebal.

Kondisi itu juga mempengaruhi lalu lintas angkutan udara. Banyak jadwal penerbangan di wilayah-wilayah terdampak kabut asap amburadul.

Sejumlah penerbangan yang dikelola beberapa maskapai mengalami pembatalan dan sebagian dialihkan

Menurut data yang dikutip dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), titik api terbanyak berada di Kalimantan Barat dengan 605 titik, disusul Kalimantan Tengah dengan 163 titik dan Riau 29 titik.

Selain itu, di Kalimatan Utara terdapat 23 titik api, Kalimantan Timur 20 titik, Sumatera Selatan 19 titik, Bangka Belitung, 14 titik, Kalimantan Selatan 14 titik, dan Jambi 3 titik api.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.