Hurras Al-Deen masuk dalam daftar "teroris" AS

Hurras Al-Deen saat beroperasi di provinsi Hama. (Foto: SITE)
651

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pada Rabu (11/9/2019) bahwa kelompok Jihadi Hurras Al-Deen, telah ditambahkan ke dalam daftar “teror”.

“Hari ini, Departemen menunjuk Hurras Al-Deen, sebuah kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda di Suriah, sebagai Teroris Global (SDGT),” kata Departemen Luar Negeri dalam pernyataan mereka seperti dilansir AMN.

Selain menunjuk kelompok itu ke daftar “teror”, Departemen Luar Negeri AS juga memberikan sanksi kepada pemimpin kelompok tersebut, Faruq Al-Suri.

“Faruq al-Suri, warga Suriah yang juga dikenal sebagai Abu Humam Al-Shami, adalah pemimpin Hurras Al-Deen dan mantan komandan militer Jabhah Nushrah di Suriah,” kata Departemen Luar Negeri AS.

Kelompok Hurras Al-Deen sebagian besar beroperasi di provinsi Idlib, di mana mereka bertempur melawan rezim Bashar Asad dan sekutunya, bersama faksi-faksi Jihadi lainnya seperti Hai’ah Tahrir Syam dan Partai Islam Turkestan (TIP).

Kelompok-kelompok Mujahidin tersebut terutama memerangi tentara rezim Nushairiyah Suriah pimpinan Bashar Asad dan sekutunya di poros Idlib-Hama.

Awal bulan ini, Angkatan Udara AS melakukan serangan udara yang jarang terjadi di provinsi Idlib yang diklaim menargetkan posisi kelompok tersebut.

Menurut laporan, setelah serangan setidaknya 40 anggota kelompok Hurras Al-Deen terbunuh, termasuk banyak pejuang asing. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.