31 pengikut Syiah tewas terinjak kerumunan massa saat peringatan hari Asyura di Karbala

Penganut Syiah berkumpul di Karbala, Irak. Foto: REUTERS
1,036

KARBALA (Arrahmah.com) – Sedikitnya 31 pengikut Syiah tewas dan 100 orang mengalami cedera setelah terinjak kerumunan massa dalam peringatan hari Asyura di Kota Karbala, Irak, Selasa (10/9/2019).

Kementerian Kesehatan Irak mengungkapkan, jumlah korban tewas masih bisa bertambah. Pasalnya, ada beberapa korban terluka yang saat ini dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Dikabarkan, peristiwa tersebut berlangsung tatkala seorang jamaah jatuh tersandung saat ratusan ribu penganut Syiah lainnya sedang melangsungkan ritual.

Akan tetapi, beberapa pejabat keamanan mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa insiden tersebut bermula ketika jembatan pejalan kaki tiba-tiba roboh.

Sejumlah insiden pernah terjadi dalam peringatan Asyura. Pada 2004, lebih dari 140 orang tewas dalam serangkaian pengeboman di Karbala dan Baghdad.

Tahun berikutnya, sedikitnya 965 penganut tewas di sebuah jembatan yang melintasi Sungai Tigris di ibu kota Irak, Baghdad. Hal ini terjadi karena mereka dilanda kepanikan setelah ada rumor mengenai keberadaan pengebom bunuh diri.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.