Bukan sekedar alat olahraga, Anies akan dorong penggunaan sepeda untuk transportasi alternatif

83

JAKARTA (Arrahmah.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong agar sepeda menjadi alat alternatif transportasi masyarakat di ibu kota. Menurut dia, masyarakat masih menganggap sepeda hanya sebatas alat olahraga.

“Kami ini sekarang mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar alat olahraga. Yang sangat menonjol saat ini, sepeda sebagai alat olahraga,” kata Anies, Sabtu (7/9/2019).

Dalam rangka mendorong masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, Anies mengaku Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan membangun lebih banyak tempat parkir sepeda.

Selain itu, ia juga akan menginstruksikan semua kantor Pemprov DKI Jakarta untuk menyiapkan kamar mandi khusus yang menyediakan ruang bilas bagi pengguna sepeda.

“Hari ini yang punya kamar mandi adalah pejabat, jadi yang naik sepeda adalah pejabat tinggi karena punya kamar mandi. Atau kalau di swasta yang top eksekutif. Karena itu yang naik sepeda akhirnya yang posisi pangkatnya tinggi padahal sepeda itu harusnya untuk siapa saja. Jadi itu yang kami akan dorong ,” jelasnya, lansir CNN Indonesia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mulai mempraktikkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi. Dalam sepekan terakhir ia menggunakan sepeda menuju Balai Kota.

Tak hanya itu, Anies juga menggunakan sepeda untuk memantau beberapa kawasan di ibu kota.

(ameera/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.