Inggris kirim kapal perang lain ke Teluk

Tensions have been escalating in the region, with US President Donald Trump in June calling off at the last minute an air strike on Iran over its downing of a US spy drone (Arab News)
1,024

LONDON (Arrahmah.com) – Kapal perang Inggris ketiga tengah berlayar menuju Teluk, Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengumumkan Sabtu (24/8/2019), di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Inggris telah mengirim HMS Kent untuk menggantikan HMS Montrose fregat yang sedang mengalami perbaikan di Bahrain, dan sekarang mengarahkan HMS Defender perusak Tipe 45 dari misinya ke Pasifik.

“Di mana pun panji merah terbang di seluruh dunia, Inggris siap melindungi kebebasan navigasi kapan pun ia diuji,” kata Menteri Pertahanan Ben Wallace.

Inggris membuat Iran marah dengan merebut salah satu tankernya – Grace 1 – pada 4 Juli atas dugaan mengangkut minyak ke Suriah dan melanggar sanksi UE.

HMS Montrose kemudian memperingatkan tiga kapal perang Iran yang menurut para pejabat Inggris berusaha untuk “menghalangi” pergerakan kemajuan kapal supertanker Inggris melalui Selat Hormuz di Teluk pada 11 Juli.

Garda Revolusi Iran (IRGC) menyerbu dan menahan Stena Impero yang berbendera Inggris dan 23 awaknya saat mereka berlayar melalui Selat Hormuz pada 20 Juli.

Pemerintah Inggris kemudian menaikkan tingkat siaga untuk kapal yang bepergian melalui perairan Iran menjadi tiga pada skala tiga poin, menunjukkan ancaman “kritis”.

Ketegangan telah meningkat di kawasan itu, dengan Presiden AS Donald Trump Juni membatalkan pada menit terakhir serangan udara terhadap Iran atas jatuhnya pesawat mata-mata AS.

HMS Defender berlayar dari Portsmouth pada 12 Agustus, bersama HMS Kent, yang juga menuju ke Teluk untuk menggantikan HMS Duncan.

Komandan HMS Defender Richard Hewitt mengatakan kapalnya akan “memainkan perannya bersama kapal perang Angkatan Laut Kerajaan lainnya dalam menjaga rute perdagangan penting ini agar tetap aman.” (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.