Berita Dunia Islam Terdepan

Lebih dari dua juta Muslim memulai rangkaian ibadah Haji

139

Support Us

MEKKAH (Arrahmah.com) – Lebih dari dua juta Muslim telah memulai rangkaian ibadah haji di Arab Saudi. Ibadah ini wajib dilakukan oleh semua Muslim, yang mampu secara finansial dan fisik, setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Pada Jumat (9/8/2019), para jamaah mulai berkumpul di lembah Mina, di pinggiran Mekkah, untuk memulai ibadah haji.

Dalam suhu yang mencapai hingga 40 derajat Celcius, jamaah haji akan melakukan rangkaian ibadah di lembah Mina, gunung Arafah dan di Mekkah, lansir Al Jazeera.

Jamaah laki-laki mengenakan dua potong kain putih yang menutupi tubuh mereka, yang dikenal sebagai kain “ihram”, sementara wanita mengenakan pakaian longgar.

Jamaah tidak diperbolehkan memotong rambut mereka, memakai parfum, atau melakukan aktivitas seksual. Ritual berakhir dengan laki-laki memotong rambut mereka.

Puncak ibadah tahunan ini termasuk Hari Raya Idul Adha, yang merupakan salah satu dari dua Hari Raya ummat Islam, di mana dilakukan penyembelihan hewan, biasanya domba, kambing atau sapi.

Sekitar 54 juta jamaah haji telah melakukan ibadah Haji selama 25 tahun terakhir, menurut angka resmi.

Hampir 14.000 penerbangan internasional dan domestik sejauh ini mengangkut jamaah Haji dengan sekitar 21.000 bus juga telah digunakan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan