Delegasi Taliban kunjungi Indonesia untuk bicarakan masalah perdamaian di Afghanistan

Mullah Abdul Ghani Baradar, wakil pimpinan Taliban (Foto: AA)
884

DOHA (Arrahmah.com) – Delegasi Taliban yang dipimpin oleh Mullah Abdul Ghani Baradar, salah satu pendiri kelompok Taliban dan wakil pimpinan mereka, meninggalkan Qatar untuk melakukan perjalanan ke Indonesia, ungkap kelompok tersebut pada Jum’at (26/7/2019).

Juru bicara Taliban Zabihulllah Mujahed mengatakan di media sosial bahwa Baradar memimpin delegasi yang beranggotakan delapan orang untuk berdiskusi dengan pemerintah Indonesia dan cendekiawan Islam dari negara Asia Tenggara yang selama ini menawarkan dukungan untuk proses perdamaian di Afghanistan.

“Dalam perjalanan ini mereka akan membicarakan mengenai hubungan politik antara kedua negara, perdamaian dan pentingnya kerja sama masa depan dengan Afghanistan”, katanya, sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

Jakarta direncanakan akan menjadi tuan rumah konferensi Ulama dan para cendekiawan Muslim dari Afghanistan, Pakistan dan Indonesia pada akhir bulan ini.

Pada awal bulan lalu Dr. Desra Percaya, yang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk PBB, mengunjungi Kabul, ibukota Afghanistan, sehubungan dengan konferensi tersebut.

Menurut Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, Percaya membahas kemitraan Indonesia dalam proses perdamaian, konferensi Ulama dan dialog perempuan di Jakarta selama perjalanannya ke Kabul.

Pada bulan Mei, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari bertemu dengan Baradar di Doha, ibukota Qatar.

Di tengah upaya untuk mempercepat proses perdamaian yang baru, perang yang berkecamuk terus merenggut nyawa banyak orang di Afghanistan. (rafa/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.