Gedung animasi di Jepang kebakaran, 24 orang tewas

Studio animasi di Kyoto, Jepang kebakaran, Kamis (18/7).(Foto: AFP)
282

TOKYO (Arrahmah.com) – Kebakaran melanda studio perusahaan animasi di Jepang pada Kamis (18/7/2019) pagi yang menyebabkan 24 orang tewas.

Gedung yang terbakar adalah studio animasi yang menghasilkan beberapa serial anime telivisi terkenal, termasuk diantaranya ‘The Melancholy of Haruhi Suzumiya‘ dan ‘K-ON!’.

Jumlah korban meningkat karena petugas pemadam kebakaran baru berhasil menemukan jasad setelah menggeledah ruangan yang terbakar.

Jasad korban ditemukan di dalam gedung dalam kondisi ‘in cardio-respiratory arrest‘, sebuah istilah yang digunakan di Jepang untuk menandakan kematian seorang korban sebelum secara resmi dinyatakan meninggal.

Mereka ditemukan di lantai dua gedung dan tangga menuju atap.

Kebakaran di gedung yang letaknya di tengah kota Kyoto itu juga menyebabkan 35 orang lainnya luka-luka. 10 di antaranya dalam kondisi kritis.

Menurut laporan media setempat,  saat kebakaran terjadi ada sekitar 70 orang yang berada di dalam gedung itu.

Kepolisian setempat mengatakan bahwa gedung itu sengaja dibakar. Namun, mereka masih melakukan penyelidikan sehingga belum bisa memastikan apa motif dibalik serangan pembakaran itu.

“Seorang pria melempar cairan dan membakarnya,” kata juru bicara polisi prefektur Kyoto, lansir AFP, Kamis (18/7).

Pelaku penyerangan diduga telah menuangkan zat seperti bensin disekitar gedung kemudian mengatakan ‘mati’ ketika dia membakar cairan itu.

Laporan dari NHK menyebutkan bahwa seorang pria telah ditahan karena diduga terkait dengan kebakaran tersebut dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.