Satu tewas, beberapa terluka dalam serangan di bandara Saudi oleh Syiah Houtsi

Riyadh tuduh Iran memasok senjata untuk Houtsi. (Foto: Reuters)
929

RIYADH (Arrahmah.com) – Kelompok teroris Syiah Hotsi telah melancarkan serangan ke bandara sipil Abha di Arab Saudi selatan yang menewaskan satu orang dan melukai tujuh lainnya, kata koalisi pimpinan Saudi yang memerangi kelompok tersebut di Yaman.

Menurut saluran televisi Al-Masirah yang dikelola Houtsi, gerakan itu menargetkan bandara Abha dan Jizan di Arab Saudi selatan dengan serangan pesawat tanpa awak pada Ahad (23/6/2019).

“Sebuah serangan teroris oleh milisi Houtsi yang didukung Iran terjadi di bandara internasional Abha. Seorang warga Suriah tewas dan tujuh warga sipil terluka,” kata koalisi dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Saudi Press Agency (SPA) yang dikelola pemerintah.

Televisi Al Arabiya mengatakan sebuah pesawat tak berawak diduga menghantam tempat parkir di bandara Abha.

Awal bulan ini, rudal Houtsi juga menghantam bandara yang sama, yang terletak sekitar 200 km (125 mil) dari utara perbatasan Yaman dan melayani rute domestik dan regional, dalam serangan yang melukai 26 orang.

Sebuah koalisi yang didukung Barat yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melakukan intervensi di Yaman pada tahun 2015 untuk mencoba mengembalikan pemerintah yang diakui secara internasional yang digulingkan dari kekuasaan di Sana’a oleh Houtsi pada akhir 2014.

Houtsi telah meningkatkan serangan rudal dan pesawat tak berawak ke kota-kota Saudi dalam sebulan terakhir di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan negara-negara Teluk Arab yang bersekutu dengan Amerika Serikat.

Riyadh menuduh Iran memasok senjata untuk Houtsi dengan senjata yang digunakan dalam serangan 13 Juni di bandara Abha. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.