Negara-negara Teluk restui AS kerahkan pasukan di wilayahnya

The USS Abraham Lincoln approaches the fast combat support ship USNS Arctic for a replenishment-at-sea, April 4, 2019. Abraham Lincoln is underway as part of the Abraham Lincoln Carrier Strike Group deployment in the U.S. 5th, 6th and 7th Fleet areas of responsibility. AMBER SMALLEY/U.S. NAVY
530

JEDDAH (Arrahmah.com) – Rencana Amerika Serikat untuk mengerahkan pasukan militer di perairan Teluk Arab dan di sejumlah negara Dewan Kerjasama Teluk telah disetujui oleh sejumlah negara GCC, termasuk Arab Saudi semalam (17/5/2019), menurut sebuah laporan surat kabar Al-Sharq Al-Awsat, yang mengutip sumber-sumber diplomatik Arab yang tidak disebutkan namanya.

Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk memungkinkan Washington dan negara-negara Teluk bekerja sama dalam rangka mencegah segala agresi atau ancaman militer dari Iran terhadap tetangga-tetangganya atau kepentingan AS di kawasan itu, kata sumber tersebut.

Ketegangan meningkat setelah serangan pekan ini terhadap pipa minyak Saudi dan sejumlah kapal kargo di Teluk Arab di lepas pantai Fujairah di UEA.

Sumber-sumber itu dilaporkan mengatakan sejumlah negara Arab juga berencana mengadakan pertemuan puncak di sela-sela pertemuan OKI yang dijadwalkan berlangsung di Mekah selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Mereka menambahkan bahwa negara-negara yang terlibat “disatukan oleh prinsip dan visi yang konsisten dengan perkembangan regional dan internasional”. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.