Amir HTS terlihat dalam foto terbaru di wilayah Hama

Syaikh Abu Muhammad Al-Jaulani berpose bersama aktivis dan jurnal Taher Al-Omar. (Foto: Media sosial)
1,201

HAMA (Arrahmah.com) – Komandan Hai’ah Tahrir Syam (HTS), yang sebelumnya merupakan afiliasi Al-Qaeda yang dikenal sebagai Jabhah Nushrah, telah muncul dalam foto-foto baru yang menunjukkan dirinya berada di pedesaan provinsi Hama, Suriah.

Foto-foto Abu Muhammad Al-Jaulani pertama kali dibagikan pada Ahad (12/5/2019) oleh aktivis dan jurnalis Suriah Taher Al-Omar, lansir Al Arabiya.

Sebuah video yang dilihat oleh Al Arabiya menunjukkan Al-Omar bertanya kepada Syaikh Al-Jaulani tentang “kampanye biadab pesawat Rusia” yang terbang di atas mereka.

Foto-foto Syaikh Al-Jaulani muncul hanya beberapa hari setelah HTS kehilangan kendali atas kota Kafr Nabudah di utara provinsi itu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengonfirmasi bahwa pasukan rezim Asad dalam beberapa hari terakhir telah memperoleh wilayah baru, sebagian besar di provinsi Hama.

SOHR mengatakan pasukan rezim kini mengendalikan sembilan desa di Suriah utara antara Idlib dan Hama membentuk bentuk L di sudut paling selatan dari kubu pejuang Suriah. Desa-desa termasuk desa strategis Kafr Nabudah dan Qal’at Al-Madiq, memberikan keuntungan pasukan bagi pasukan rezim atas pejuang Suriah.

Pertempuran di daerah itu, yang dimulai pada 30 April, telah menjadi pelanggaran terburuk dari gencatan senjata September yang ditengahi oleh Rusia dan Turki.

Lebih dari 150.000 orang telah terlantar akibat gelombang kekerasan terbaru di dalam kantong, yang merupakan rumah bagi tiga juta orang dan mencakup sebagian besar provinsi Idlib dan beberapa wilayah Hama di sudut barat laut negara itu.

Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan pertempuran itu memaksa mereka menunda distribusi bantuan kepada lebih dari 47.000 orang. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.