Sambut Ramadhan, warga Padang bersihkan 1.356 masjid dan musholla

Warga membersihkan masjid. (Foto: humas kota padang)
128

JAKARTA (Arrahmah.com) – Menyambut bulan suci Ramadan tahun 2019 ini, warga padang berbondong-bondong membersihkan sebanyak 1.356 masjid dan musala.

Hal ini tidak lepas dari seruan Wali Kota Padang kepada seluruh warga Padang untuk membersihkan masjid dan musala untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

“Berdasarkan data yang dihimpun hingga Minggu sebanyak 680 masjid dan 676 musala yang tersebar di 11 kecamatan telah dilakukan pembersihan,” kata Kepala Bagian Humas Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Padang Imral Fauzi seperti dilansir dari Antara, Senin (6/5/2019), lansir Merdeka.

Imral mengatakan, kegiatan membersihkan 1.356 masjid dan musala di Kota Padang dalam menyambut Ramadan sudah dilakukan warga setempat sejak sepekan terakhir.

Kegiatan ini juga diikuti lurah, camat, kepala SKPD dan ASN Pemkot Padang di tempat tinggal masing-masing.

“Setelah menerima laporan dari seluruh lurah dan camat, wali kota mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan gotong royong yang dilakukan masyarakat dalam membersihkan masjid dan musala serta lingkungan sekitarnya dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan,” ungkapnya.

Dia merinci masjid dan musala yang dibersihkan, meliputi Kecamatan Pauh 45 masjid dan 58 musala, Kecamatan Lubuk Kilangan 38 masjid dan 47 musala, Kecamatan Koto Tangah 156 masjid dan 172 musala, Kecamatan Padang Timur 64 masjid dan 41 musala, Kecamatan Padang Selatan 40 masjid dan 33 musala, Kecamatan Bungus Teluk Kabung 13 masjid dan 41 musala, dan Kecamatan Padang Barat 43 masjid dan 22 musala.

Selain itu, Kecamatan Padang Utara 56 masjid dan 32 musala, Kecamatan Nanggalo 46 masjid 34 musala, Kecamatan Kuranji 93 masjid dan 148 musala, dan Kecamatan Lubuk Begalung 86 masjid dan 48 musala.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Mahyeldi menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk membersihkan masjid dan musala dalam rangka menyambut Ramadan 1440 Hijriah.

“Kepada camat dan lurah beserta RT/RW mari ajak masyarakat untuk membersihkan masjid dan musala, di samping membersihkan lingkungan tempat tinggal kita masing-masing. Sucikan hati dan pikiran kita serta pererat silaturahmi dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan,” kata dia.

Menurut Mahyeldi, gerakan bersama membersihkan masjid dan musala tersebut juga sejalan dengan kegiatan ‘taharah’ masjid yang digagas Kementerian Agama Kota Padang.

Ia juga mengharapkan dukungan unsur forkopimda, pelaku usaha, serta berbagai organisasi kemasyarakatan di Kota Padang untuk turut serta membersihkan masjid dan musala.

“Masjid dan musala yang bersih akan memberikan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah,” pungkasnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.