Waria asal Brunei mencari suaka di Kanada

Sultan Hassanal Bolkiah.
798

BANDAR SERI BEGAWAN (Arrahmah.com) – Seorang waria asal Brunei, Zoella Zayce, yang tiba di Kanada akhir tahun lalu, sekarang tengah menunggu hasil permohonan suaka.

Dia memilih Kanada karena jauh dari Brunei. Dia mengklaim Kanada adalah negara yang cukup jauh, sehingga pihak berwenang tidak mampu mengejarnya. Kanada juga dinilai memiliki reputasi sebagai “masyarakat terbuka” dengan perlindungan kuat untuk hak asasi manusia.

“(Perdana Menteri) Justin Trudeau sangat menerima orang yang melarikan diri dari negara mereka sehingga itu adalah salah satu hal utama juga,” katanya.

Dia bekerja penuh waktu di kantor melakukan entri data, dan di samping sebagai guru matematika.

“Saya sangat sibuk dan saya senang saya dapat mendukung diri saya sendiri dan tidak harus bergantung pada pemerintah,” klaimnya.

Zayce berharap Sultan Brunei turun tahta.

Brunei telah mempertahankan haknya untuk mengimplementasikan undang-undang tersebut. Sultan Hassanal Bolkiah (72) yang telah memerintah negara kaya minyak selama 51 tahun, adalah salah satu orang terkaya di dunia.

“Aku hanya ingin membiarkan dunia tahu bahwa jika aku dikirim kembali ke Brunei, aku tidak keberatan mati di sana,” katanya.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.