Pemuda Indonesia raih prestasi gemilang dalam ajang MTQ Internasional di Iran

Sejumlah pemuda Indonesia dilaporkan sukses menjadi juara dalam MTQ Internasional Iran ke-36 yang digelar di Teheran, yang berlangsung tanggal 10-14 April 2019. (Foto: KBRI Teheran)
389

JAKARTA (Arrahmah.com) – Muhammad Rifqi Hawari, usia 13 tahun, asal Desa Penarah, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, berhasil menorehkan prestasi yang mengharumkan Indonesia di Ajang MTQ Internasional ke-36 di Iran pada 10-15 April 2019.

Ia berhasil meraih Juara III Kategori Tilawah tingkat Pelajar di ajang tahunan tersebut.

Muhammad Rifqi Hawari merupakan putra dari pasangan Dwiyono dan Halimah. Ia menjadi salah satu delegasi Indonesia bersama empat rekannya.

Rifqi diketahui telah beberapa kali meraih penghargaan MTQ baik ditingkat Regional maupun nasional. Dia bahkan tampil dalam pembukaan MTQ Kabupaten Karimun pada 26 Maret 2019 lalu.

Pencapaian prestasi diraih Muhammad Rifqi tersebut dibenarkan Kabag Kesra Kabupaten Karimun Irwandi Novri. Dia mengatakan, Muhammad Rafki memang mewakili Indonesia dalam ajang MTQ Internasional di Iran kemarin.

“Iya Rafki mewakili Indonesia, alhamdulillah berhasil mengharumkan Indonesia dengan meraih Peringkat III di MTQ Internasional,” kata Irwandi, Senin (15/4/2019), lansir Sindonews.

Sementara itu, Salman Amrillah dari Provinsi Jawa Barat meraih juara satu kategori tilawah dewasa pria.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Teheran, Senin (15/4), acara ini merupakan ajang tahunan. Pada tahun ini diikuti oleh 84 negara.

Dari tujuh kategori, Indonesia mengirimkan empat peserta untuk katagori qori dewasa pria dan pelajar pria, serta hafiz Qur’an dewasa wanita dan pelajar.

Sedangkan Muhammad Khaerrurozzaq dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Ummu Habibah Rochim dari Provinsi Jawa Timur masing-masing masuk ke babak final untuk kategori hafiz Qur’an pelajar pria dan dewasa wanita.

Sementara itu pada saat yang bersamaan juga diselenggarakan MTQ Internasional antar pelajar pondok pesantren juga dilaksanakan di kota Qom. Di mana, Sidiq Mulyana dari Provinsi Jawa Barat berhasil meraih juara 3 untuk kategori fahmil Qur’an dalam ajang tersebut.

“Kami sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada para qori dan hafiz qur’an yang telah mengikuti MTQ Internasional Iran ke-36 di Tehran dan MTQ Internasional antar pondok pesantren di Qom. Mereka telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan,” kata Duta Besar Indonesia untuk Iran, Octavino Alimudin.

(ameera/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.