KTT Baghdad ditutup demi persatuan Irak

Bendera Irak.
131

BAGHDAD (Arrahmah.com) – KTT parlemen Baghdad dari negara-negara tetangga Irak pada Sabtu ditutup dengan deklarasi akhir yang menekankan stabilitas negara tersebut.

Pembicara parlemen Turki, Mustafa Sentop juga menghadiri KTT Baghdad yang menghadirkan pembicara parlemen Irak, Iran, Arab Saudi, Kuwait, Turki, Yordania, dan Suriah.

KTT ini dipimpin oleh Ketua Dewan Perwakilan Irak, Mohammed al-Halbusi.

KTT para pemimpin legislatif di Baghdad menyoroti pentingnya stabilitas Irak dan pelestarian integritas teritorial dan tatanan sosialnya, setelah kemenangan besarnya atas ISIS.

“Stabilitas Irak diperlukan untuk stabilitas kawasan dan berkontribusi kembalinya dengan semua bobot politik dan ekonomi dan sumber daya manusia kreatif ke lingkungan Arab dan regionalnya,” baca deklarasi itu.

Deklarasi ini menekankan “pentingnya mendukung moderasi dan memerangi ekstremisme dalam segala bentuknya, terutama karena orang-orang di kawasan itulah yang membayar harga ekstremisme.”

Deklarasi ini juga menarik perhatian bahwa dukungan dari negara-negara tetangga diperlukan untuk proses pembangunan dan rekonstruksi di Irak, juga untuk mendorong peluang investasi di berbagai bidang untuk memungkinkan orang-orang yang dipindahkan untuk kembali ke kota mereka.

Juga digarisbawahi bahwa negara-negara yang berpartisipasi harus mendukung proses politik dan demokrasi di Irak.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.