Ayo Jaga TPS dan KawalPemilu: Prabowo-Sandi unggul

5,201

(JAKARTA (Arrahmah.com) – Aplikasi Ayo Jaga TPS mencatat saat ini perolehan suara sementara pasangan calon presiden-wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dibandingkan Capres-cawapres nomer urut 01 Joko Widodo- Ma’ruf Amin.

Co-Founder AyoJagaTPS.com Mochammad James Falahuddin mengatakan, perolehan suara Prabowo-Sandi 62,75 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin 37,25 persen.

“Data terakhir masuk suara sekitar 6,4 juta suara. Dan 62 persen, dari 02, sisanya 01,” kata Mochammad James dalam diskusi Polemik MNCTrijaya, ‘Pemilu Serentak yang Menghentak’ di d’consulate resto dan longe, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/4), lansir Merdeka.com.

James menjelaskan, data yang didapat merupakan data resmi dan valid. Sebab, data yang didapat berdasarkan dari data C1 setiap TPS. Masyarakat mengupload C1 dari TPSnya masing-masing.

“Pertama, kami yakin data kami valid. Karena pertanyaan paling mendasar memastikan bahwa data dan C1 benar-benar di-submit orang yang hadir di TPS. Untuk itu kami terpaksa, jika ingin mendaftar, NIK, plus foto KTP-nya,” terang James.

Timnya pun memastikan data tersebut benar. Sebab itu setiap pengguna aplikasi harus menyertakan KTP dan nomer telepon. Dia pun menjelaskan ada beberapa wilayah yang belum terisi, seperti Kalimatan, Sulawesi, dan Papua.

“Kami memastikan data itu dari yang hadir. Memang sempat dari awal menyusun aplikasi, kalau di Sosmed terverifikasi susah. Terpaksa kami pakai NIK, nomor KTP, user 470 ribu download aplikasi,” ungkapnya.

“Sebarannya merata hampir seluruh Indonesia, Setengah lebih dari TPS. Data terakhir. 6,4 juta sudah merata,” kata James.

Sementara itu, situs pengawas pemilu independen, kawalpemilu.org ikut melakukan penghitungan suara melalui form C1 yang dikumpulkan oleh para relawan dari setiap TPS seluruh Indonesia.

Hingga Sabtu (20/4), Pukul 06.30 WIB, kawalpemilu.org sudah berhasil mengumpulkan total 10.398.632 suara sah dan 175.213 suara tidak sah dari C1. Total DPT di Pemilu 2019 sebanyak 185.994.249 orang.

Untuk sementara, pasangan Prabowo-Sandiaga ungguh dari calon petahana Jokowi Ma’ruf. Prabowo unggul tipis dengan selisih 9.763 suara saja.

Dimana Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 5.194.595 suara, sementara Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 5.204.358. Total C1 yang telah dikumpulkan para relawan yakni 64.973 TPS. Kawal Pemilu masih terus melakukan penghitungan dari total 813.350 TPS.

Di situs ini juga dijabarkan suara yang masuk di tiap provinsi. Prabowo tampak unggul telak di sejumlah wilayah Sumatera seperti Aceh, Sumbar dan Riau. Paslon nomor urut 02 ini hanya kalah di Bangka Belitung dan Kepri.

Sementara di Jawa, Jokowi-Ma’ruf unggul signifikan. Jokowi unggul di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kawal Pemilu bukan kali ini saja melakukan penghitungan form C1. Pada Pemilu 2014 lalu, bahkan hasil hitung KawalPemilu hanya selisih 0,14 persen dengan hasil real count KPU.

Kawal Pemilu adalah proyek urun daya (crowdsourcing) netizen pro data Indonesia yang didirikan tahun 2014 untuk menjaga suara rakyat di Pemilihan Umum melalui penggunaan teknologi untuk melakukan real count secara cepat dan akurat.

Pada Pemilu 2019, KawalPemilu.org merupakan mitra dari Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integrity) dalam gerakan KawalPemilu – Jaga Suara 2019. Kemitraan ini resmi terakreditasi oleh Bawalsu RI. Selain dari kemitraan ini, situs KawalPemilu.org tidak terafiliasi dengan pihak manapun.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.