FB hapus sejumlah halaman di India, Pakistan

Facebook takes sweeping action against networks in Pakistan, India for 'coordinated inauthentic behaviour' (Google)
123

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Facebook telah menghapus 712 akun dan 390 halaman di India dan Pakistan karena “perilaku tidak otentik” dan mengirim spam, katanya kemarin (1/4/2019), sebagian besar terkait dengan partai oposisi utama India, berhari-hari sebelum pemilihan umum dan militer Pakistan.

Facebook telah menghadapi tekanan yang meningkat dari pihak berwenang di seluruh dunia untuk memastikan platformnya tidak disalahgunakan untuk keuntungan politik atau untuk menyebarkan informasi yang salah, terutama menjelang pemilihan umum.

Di antara pemindahan paling signifikan, Facebook mengatakan pihaknya mencatat 549 akun dan 138 halaman yang ditautkan ke Kongres India untuk “perilaku tidak otentik yang terkoordinasi”. Facebook mengatakan juga melarang beberapa akun yang terhubung dengan perusahaan India “terkait dengan” aplikasi seluler yang dipromosikan oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Di Pakistan, Facebook menghapus 57 akun, 24 halaman, tujuh grup, dan 15 akun Instagram, juga karena perilaku tidak otentik, sebagai bagian dari jaringan yang berasal dari Pakistan dan dikaitkan dengan karyawan unit militer Pakistan.

“Kami tidak menemukan tautan di antara kampanye yang kami hapus hari ini, tetapi mereka menggunakan taktik serupa dengan membuat jaringan akun untuk menyesatkan orang lain,” Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan siber di Facebook, mengatakan dalam sebuah pernyataan. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.