Anies Baswedan ingin tambah alat pengelolaan air laut menjadi air minum di Kepulauan Seribu

Gubernur DKI Jakarta di Kepulauan Seribu
462

JAKARTA (Arrahmah.com) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin menambah alat pengolahan air laut menjadi air minum di Kepulauan Seribu. Menurutnya, persoalan di kepulauan itu terkait ketersediaan air bersih.

“Alhamdulillah sejak tahun kemarin, Pemprov DKI Jakarta sudah membangun fasilitas SWRO, Sea Water Reverse Osmosis di empat pulau, dan harapannya nanti kita akan bisa membangun total 9, sehingga dari 11 pulau yang berpenghuni kita bangunkan 9 SWRO ini,” kata Anies Baswedan, sebagaimana dilansir di akun Facebooknya, Jumat (22/3/2019).

Anies menjelaskan, fasilitas SWRO bisa menyuling air laut menjadi air layak minum. Ada sekitar seribu rumah di Pulau Pramuka, 300 sudah terjangkau dengan air dari SWRO ini.

“Nantinya kita akan menjangkau semua rumah. Tahun 2018 kemarin sudah sepertiga, dua per tiga kita akan kerjakan tahun ini, dan tahun depan,” ujarnya.

Selain SWRO, lanjut Anies, Pemprov juga mengembangkan BWRO atau Brackish Water Reverse Osmosis. Alat ini dapat mengubah air payau menjadi layak minum.

“Kualitas airnya bahkan tidak kalah dengan air-air yang diproduksi pada air kemasan yang selama ini kita beli,” pungkasnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.