Putra Mahkota Saudi akan tiba di Pakistan dan India di tengah ketegangan antara keduanya

261

RIYADH (Arrahmah.com) – Putera Mahkota yang berkuasa di Arab Saudi Mohammad bin Salman dijadwalkan tiba di Islamabad untuk kunjungan kenegaraan hari ini (17/2/2019), tempat ia akan menandatangani kesepakatan investasi yang dapat menopang perekonomian Pakistan yang sedang sakit.

Perjalanan itu, yang pertama dari tur Asianya, terjadi di tengah ketegangan tinggi di kawasan tersebut. India menuduh Pakistan terlibat dalam serangan bunuh diri baru-baru ini yang menewaskan 44 polisi paramiliter India di wilayah Kashmir yang disengketakan. Islamabad membantah terlibat.

Iklan

Putra mahkota, secara luas dikenal sebagai MBS, akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Imran Khan, Presiden Arif Alvi, dan kepala militer Qamar Javed Bajwa selama kunjungan dua hari.

Kedua belah pihak diperkirakan menandatangani perjanjian investasi senilai lebih dari $ 10 miliar.

Arab Saudi yang kaya minyak dalam beberapa bulan terakhir membantu ekonomi Pakistan untuk menopang cadangan devisanya yang menyusut dengan pinjaman $ 6 miliar, memberikan ruang bernafas kepada Islamabad ketika negaranya merundingkan bailout dengan Dana Moneter Internasional.

Imran Khan adalah satu dari sedikit pemimpin yang menghadiri konferensi investasi internasional di Arab Saudi pada Oktober yang sebagian besar diboikot setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, seorang kritikus yang sengit terhadap bin Salman, di konsulat Saudi di Istanbul.

Riyadh awalnya membantah pembunuhan itu, tetapi sekarang mengklaim wartawan itu terbunuh dalam operasi yang tidak sah.

Setelah Pakistan, bin Salman akan melakukan perjalanan ke India, di mana ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan. Dia diperkirakan akan menyelesaikan perjalanan dengan kunjungan ke Cina pada 21 dan 22 Februari. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya