Kepala baru Pentagon bertamu ke Irak bahas kehadiran pasukan AS

Patrick Shanahan (Foto: Internet)
431

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Menteri Pertahanan AS yang baru menjabat, Patrick Shanahan, tiba di Baghdad pada Selasa (12/2/2019) dalam kunjungan mendadak untuk menenangkan keresahan Irak soal kedaulatan mereka dan membicarakan masalah masa depan pasukan AS di sana.

Presiden Donald Trump mengatakan bulan ini bahwa kehadiran AS diperlukan untuk mengawasi Iran, yang akan melampaui misi koalisi pimpinan AS di Irak dan Suriah mengalahkan Negara Islam.

“Kami berada di Irak atas undangan pemerintah dan kepentingan kami adalah untuk membangun kemampuan keamanan Irak,” kata Shanahan kepada wartawan yang bepergian bersamanya pada perjalanan pertamanya ke Irak.

“Saya ingin mendengar langsung dari mereka tentang kekhawatiran, dinamika politik yang mereka hadapi dan kemudian berdasarkan hal tersebut kami jelas akan memasukkan faktor itu ke dalam perencanaan kami.”

Shanahan akan bertemu dengan para pemimpin termasuk Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi dan juga akan membahas penarikan pasukan AS dari Suriah dengan komandan AS.

Trump membuat Baghdad naik pitam bulan ini ketika dia mengatakan penting untuk menjaga kehadiran militer AS di Irak sehingga Washington dapat mengawasi Iran “karena Iran adalah masalah nyata.”

Irak dilaporkan berada dalam posisi yang sulit karena ketegangan antara dua sekutu terbesarnya, Amerika Serikat dan Iran, meningkat.

Komentar Trump memicu kecaman universal dari para pemimpin Irak termasuk Abdul Mahdi dan mengajukan pertanyaan tentang kehadiran jangka panjang sekitar 5.200 tentara AS di negara itu 16 tahun setelah invasi pimpinan AS yang menggulingkan Saddam Hussein.

Pasukan ada di sana sebagai bagian dari perjanjian dengan Baghdad dengan misi spesifik memerangi terorisme, dan mereka harus berpegang teguh pada itu, Presiden Irak Barham Salih mengatakan mengikuti komentar Trump.

Saat ditanya apakah pasukan AS di Suriah dapat dipindahkan ke Irak, Shanahan mengatakan dia akan melakukan pembicaraan tentang topik-topik ini selama kunjungannya. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.