Iran siap berdialog dengan Timur Tengah

Kepala Dewan Strategis Iran untuk Hubungan Luar Negeri Kamal Kharazi.
71

TEHERAN (Arrahmah.com) – Kepala Dewan Strategis Iran untuk Hubungan Luar Negeri, Kamal Kharazi, mengatakan pada Sabtu (9/2/2019) bahwa Teheran siap untuk berdialog dan bekerja sama di berbagai bidang dengan semua negara di Timur Tengah, mengklaim bahwa negaranya memiliki pengaruh kuat di empat ibu kota Arab, lapor IRNA.

Menghadiri seminar Pusat Studi Al Jazeera di ibukota Qatar, Doha, kharazi mengatakan bahwa “negara-negara di Timur Tengah harus mengadakan dialog dan membuat keputusan bersama untuk mencapai perdamaian dan keamanan tanpa intervensi asing,” menekankan bahwa “Iran siap untuk memulai dialog dan kerja sama dengan semua negara di kawasan ini.”

Kharazi mengklaim bahwa “tidak ada solusi lain selain memperkuat kepercayaan politik dan mengesampingkan perbedaan melalui dialog. Jika kami percaya pada kemampuan kami sebagai negara-negara Islam, kami akan dapat mencapai titik seperti itu. ”

Mengenai pengaruh Iran pada empat ibu kota Arab, Kharazi mengklaim: “Memang benar bahwa kami mempengaruhi di negara-negara Arab dan non-Arab karena Iran adalah negara yang menginspirasi negara-negara lain. Itu normal bahwa negara yang membuat kemajuan tanpa dukungan negara asing menjadi sumber inspirasi bagi negara lain. ”

Kharazi menggambarkan “kebijakan intimidasi dari Iran” telah menyebabkan pemborosan kekayaan beberapa negara Arab serta memperkuat hubungan dengan entitas Zionis. Dia juga mengatakan bahwa “Amerika Serikat mendukung Arab Saudi karena membutuhkan kekayaannya dan telah mengambil 400 miliar dolar dari negara itu untuk hal-hal yang tidak masuk akal.”

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.