Belasan tentara Ethiopia tewas dalam serangan Asy-Syabaab

Pasukan Ethiopia berpatroli di kota Baidoa, Somalia. (Foto: AP)
245

BARDHERE (Arrahmah.com) – Sedikitnya empat tentara Ethiopia tewas di selatan Somalia pada Sabtu (2/2/2019) dalam sebuah serangan bom di dekat basis militer mereka, ujar pejabat dan saksi mata.

Penyerang menabrakkan kendaraan yang penuh bahan peledak ke pos pemeriksaan di luar pangkalan di Bardhere.

“Kami diberitahu bahwa setidaknya empat tentara Ethiopia yang menjaga pos pemeriksaan tewas dalam ledakan itu,” klaim Muktar Abdulahi, seorang pejabat keamanan setempat, kepada AFP melalui telepon.

Beberapa saksi juga mengonfirmasi serangan itu.

“Ledakan sangat besar dan saya melihat tentara Ethiopia mengumpulkan beberapa mayat setelah ledakan. Mereka menutup daerah itu dan ambulans militer mengangkut korban ke pangkalan,” ujar seorang saksi mata Ahmed Muhidin.

Asy-Syabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dalam sebuah pernyataan. Dalam pernyataannya, Asy-Syabaab mengatakan para pejuangnya melakukan operasi Syahid yang menargetkan tentara kafir Ethiopia di Bardhere.

“Informasi awal yang kami peroleh menunjukkan bahwa musuh kehilangan 16 tentara dalam serangan itu,” ujar pernyataan Asy-Syabaab seperti dilansir Al Arabiya.

Pasukan Ethiopia beroperasi di Somalia sebagai bagian dari misi penjaga perdamaian Uni Afrika (AMISOM) yang berkekuatan 20.000 orang. Pasukan AMISOM memerangi Asy-Syabaab yang mencoba menerapkan syariat Islam di Somalia. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.