Relawan Wahdah Islamiyah Bersihkan Masjid Dan Rumah Warga Terdampak Tsunami Selat Sunda

123

BANTEN (Arrahmah.com) – Pasukan Hijau, sebutan untuk relawan Wahdah Islamiyah kembali terjun membantu warga yang terdampak Tsunami Selat Sunda.

Aksi kali ini adalah membersihan masjid dan rumah-rumah warga yang berada di Kampung Ketapang Desa Cigarondong, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Jum’at (28/12/2018).

Dari papan informasi disebutkan bahwa di Desa ini tsunami menyebabkan 46 rumah rusak berat dan 12 rumah rusak sedang serta 524 KK mengungsi.

Sampai di lokasi yang dituju, Pasukan Hijau disambut semerbak bau menyengat menusuk hidung. Kendaraan-kendaraan yang tergeletak akibat terseret arus tsunami. Tumpukan-tumpukan kayu dan material bangunan.

Rumah-rumah yang selamat pun penuh dengan pasir dan lumpur serta sebagian retak.

Salah satu yang menakjubkan di kampung Ketapang ini adalah bangunan masid Jami’ Al-Hilal yang tetap utuh padahal bangunan-bangunan yang berada di belakang sebagian besar sudah hancur.

Aksi dimulai dengan melakukan pembersihan masjid bersama warga setempat untuk persiapan shalat Jum’at. Dilanjutkan dengan pembersihan rumah warga.

“Terima kasih banyak Pak atas bantuannya telah membantu membersihkan rumah kami.” ucap Ramin (50) secara berulang-berulang sesaat setelah Pasukan Hijau meninggalkan lokasi.

Reporter: Nasruddin Abdul Karim (Relawan LAZIS Wahdah)

Sumber: Wahdah.or.id

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.