Berdalih tak ada izin, sebuah kelas di Lembah Yordan dirusak tentara Zionis

Seorang siswa perempuan Palestina tiba untuk menghadiri kelas yang berlokasi di dalam sebuah tenda. (Foto: MUSSA ISSA QAWASMA / AA)
98

TEPI BARAT (Arrahmah.com) – Pasukan militer Zionis ‘Israel’ pada Kamis (8/11/2018) merobohkan tenda yang digunakan sebagai ruang kelas bagi para pelajar Palestina di wilayah Lembah Yordan di Tepi Barat yang diduduki ‘Israel’, menurut seorang pejabat Palestina.

“Para pejabat ‘Israel’ berusaha untuk membenarkan tindakan itu dengan mengatakan tenda itu didirikan tanpa lisensi,” Mutaz Bisharat, seorang pejabat Otoritas Palestina (PA) yang bertanggung jawab untuk melacak aktivitas permukiman ‘Israel’ di wilayah itu, mengatakan kepada Anadolu Agency pada Kamis (8/11).

Tentara ‘Israel’, kata Bisharat, telah merobohkan ruang kelas sementara dan mencegah para guru dan siswa mengakses lokasi tersebut.

Bulan lalu, pasukan ‘Israel’ – menggunakan alasan yang sama – membongkar sejumlah ruang kelas darurat yang disiapkan untuk siswa Palestina di daerah yang sama.

Awal tahun ini, Kementerian Pendidikan Palestina mengatur ruang kelas di desa Ibziq dengan tujuan untuk menyediakan pendidikan dasar bagi komunitas Badui.

Berdasarkan perjanjian Oslo 1993 antara ‘Israel’ dan PA, Tepi Barat yang diduduki dibagi menjadi Daerah A, B dan C. Area A berada di bawah kendali administrasi dan keamanan PA; Area B berada di bawah kendali administratif PA dan kendali keamanan ‘Israel’; dan Area C – yang mencakup wilayah Lembah Yordan – berada di bawah kendali administratif dan keamanan eksklusif ‘Israel’.

Area C adalah rumah bagi sekitar 300.000 warga Palestina, banyak di antaranya merupakan bagian dari masyarakat Badui yang terus mengikuti gaya hidup nomaden. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.