Arab Saudi beli sistem pertahanan rudal Dome dari "Israel"

Sistem pertahanan rudal 'Iron Dome' menembakkan pencegat rudal. Sistem pertahanan rudal tersebut didanai sepenuhnya oleh AS untuk penggunaan eksklusif oleh "Israel". (Foto: MEMO)
501

RIYADH (Arrahmah.com) – Arab Saudi dilaporkan telah membeli sistem pertahanan rudal Dome dari “Israel”, menurut beberapa sumber diplomatik yang dikutip Al Khaleej Online.

Arab Saudi tidak hanya menginginkan konvergensi politik dengan “Israel”, ujar sumber, tetapi juga berusaha encapai tingkat di mana secara publik membeli senjata berat dan maju dari Tel Aviv seperti yang dilakukan Uni Emirat Arab, lansir MEMO pada Kamis (13/9/2018).

Hubungan Saudi-“Israel” adalah yang paling dekat yang pernah mereka lakukan. Pejabat militer “Israe”, Jenderal Gadi Eisenkot baru-baru ini mengatakan dalam sebuah wawancara dengan harian yang berbasis di Inggris, Saudi Elaph, bahwa “Israel” siap untuk berbagi informasi intelijen dengan pihak Saudi, yang diklaim sebagai upaya untuk melawan pengaruh Iran.

Juga, seorang mantan pejabat senior militer “Israel” mengungkapkan bahwaia baru-baru ini mengadakan pertemuan dengan dua emir Saudi terkemuka, yang menegaskan bahwa “Israel” bukan lagi musuh Arab Saudi, lanjut laporan Al Khaleej Online.

Sumber-sumber menegaskan bahwa Arab saudi telah meyakinkan “Israel” melalui mediasi yang sangat kuat oleh Amerika Serikat selama pertemuan rahasia di Washington untuk menjual sistem pertahanan rudalnya yang canggih. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.