Berita Dunia Islam Terdepan

Support Us

Muslim Moro Filipina Berterima Kasih Kepada Turki

1.254

MINDANAO (Arrahmah.com) – Front Pembebasan Islam Moro (MILF) di Filipina mengucapkan terima kasih kepada Turki dan lembaga bantuan kemanusiaan yang berbasis di Istanbul, Humanitarian Relief Foundation (IHH) untuk kontribusi mereka dalam proses perdamaian dengan pemerintah Filipina.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke IHH, Al Haj Murad Ibrahim, ketua MILF, menulis: “Terima kasih banyak atas semua bantuan dan doa Anda, IHH, yang terus menerus diberikan kepada kami dan kepada ummat Islam Bangsamoro, demikian pula LSM lainnya, Lembaga-lembaga pemerintah Turki, pemerintah Turki, dan ummat Islam Turki secara umum. ”

Bangsamoro adalah istilah umum yang digunakan untuk Muslim Filipina.

“Dukungan Anda membantu kami mencapai apa yang telah kami capai saat ini dalam perjuangan kami. Tolong terus bantu dan doakan kami di level berikutnya dari perjuangan kami, yaitu pembangunan kembali bangsa Bangsamoro dan masyarakatnya,” kata Ibrahim.

Ibrahim juga mengatakan bahwa perjuangan selanjutnya akan lebih menantang, oleh karenanya Ummat Islam Bangsamoro sangat membutuhkan dukungan Turki.

Moro Islamic Liberation Front memasukkan UU Bangsamoro sebagai salah satu persyaratan damai yang ditandatangani pada 2014 dengan Presiden Benigno Aquino III.

Turki secara resmi telah terlibat dalam proses perdamaian sebagai pihak ketiga dengan pemerintah Filipina.

Huseyin Oruc, deputi kepala Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH), adalah salah satu anggota tim pemantau proses perdamaian.

Pada Juli, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menandatangani Undang-Undang Bangsamoro yang diaplikasikan di Mindanao.

Undang-undang tersebut menciptakan dasar hukum dan ekonomi umat Muslim di wilayah tersebut, memberikan otonomi kepada mereka yang tinggal di pulau-pulau sekitar Mindanao, yang memiliki populasi Muslim yang besar.

Di bawah peraturan baru tersebut, pemerintah pusat akan menyerahkan kekuasaan administratif di Mindanao kepada pemerintah Bangsamoro.

Kegiatan bantuan IHH

IHH telah melanjutkan kegiatan bantuannya termasuk bantuan kemanusiaan dan bantuan darurat di wilayah itu sejak tahun 1996. IHH sejauh ini telah mengirimkan bantuan makanan kepada lebih dari 140.000 orang.

Badan ini juga melanjutkan pekerjaannya untuk membangun sekolah, masjid, dan panti asuhan.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah