Jemaah Haji Indonesia Kumpulkan Donasi untuk Korban Gempa Lombok

Jemaah Haji Indonesia Kumpulkan Donasi Korban Gempa Lombok.
96

MEKKAH (Arrahmah.com) – Gempa dahsyat yang melanda Lombok dan sekitarnya mengundang keprihatinan dari Rakyat Indonesia. Mereka ramai-ramai melakukan pengumpulan dan donasi dan pengiriman tim relawan guna membantu meringankan warga Lombok yang ditimpa musibah.

Tidak hanya warga Indonesia di tanah air saja yang memberikan donasi itu. Seluruh jemaah haji yang saat ini berada di Tanah Suci pun tak ketinggalan menyumbangkan donasinya.

Konsultan ibadah Sektor 7 Daker Makkah Samudi Abdul Gani mengatakan bahwa pengumpulan donasi dari jemaah haji ini melalui ceramah subuh yang ia lakukan.

Mengambil judul materi “Mengukur Kesalehan Para Calon Jemaah Haji Dalam Berinfak dan Berbagi Suka Kepada Saudara-Saudara yang Terkena Musibah”, dia mencoba mengetuk jemaah haji untuk menggalang dana yang akan disitribusikan ke korban gempa di Lombok.

“Akhirnya jemaah musholla hotel 706 sektor 7 mengumpulkan dana peduli Lombok terkumpul Rp 40.225.000 dan 2.725 Saudi Riyal,” ungkap Samudi melalui pesan singkatnya di Makkah, Rabu (8/8/2018) malam, sebagaimana dilansir kemenag.go.id

Sementara itu, Kepala Daerah Kerja Makkah Endang Jumali mengimbau jamaah haji untuk memberikan kepeduliannya yang ada disektor masing-masing untuk mengumpulkan dana peduli gempa Lombok.

“Sejak hari kemarin sudah ada laporan beberapa sektor mengumpulkan bantuan. Alhamdulillah dana kepedulian ini diserahkan ke posko peduli gempa di Kemenag pusat,” ungkap Endang.

“Salah satu sektor sudah terkumpul 40 juta dan 2.275 riyal. Insya Allah akan terus bertambah. Rencana akan kami laporkan ke pimpinan. Daker juga akan mengumpulkan,” sambungnya.

Kemarin, Kamis (9/8), gempa berkekuatan 6,2 SR kembali mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dilaporkan, korban meninggal sejak gempa mengguncang Ahad lalu mencapai 259 orang.

Gempa terakhir ini sempat membuat panik warga.

Menurut BMKG, kekuatan gempa itu mencapai 6, 2 Skala Richter, yang berpusat di darat yaitu sekitar enam kilometer dari Laut Lombok Utara, dengan kedalaman 12km.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.