Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia: Saudi punya hak untuk menolak campur tangan Kanada

509

Support Us

MOSKOW (Arrahmah.com) – Rusia mengatakan bahwa Arab Saudi memiliki hak penuh untuk menolak campur tangan Kanada dalam urusan dalam negerinya.

Komentar resmi Rusia pertama tentang sengketa Saudi-Kanada datang dari Kementerian Luar Negeri Rusia, yang menegaskan penolakan Moskow untuk mempolitisasi isu-isu hak asasi manusia, mencatat bahwa Arab Saudi memiliki hak untuk menentukan jalannya reformasi internal sendiri.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs web kementerian, Maria Zakharova, Direktur Informasi dan Departemen Pers Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia mengatakan: “Kami dengan kuat dan tegas mendukung promosi hak asasi manusia universal, dengan perlunya diingat karakteristik nasional dan tradisi negara-negara, yang telah mengkristal dalam jangka waktu yang lama. ”

“Rusia telah menolak dan terus menolak setiap upaya untuk mempolitisir masalah hak asasi manusia,” katanya.

Dia berkata: “Kami percaya bahwa Arab Saudi, yang telah mengambil jalan transformasi sosial dan ekonomi besar-besaran, memiliki hak berdaulat penuh untuk menentukan bagaimana bergerak maju di bidang yang penting ini. Masalah-masalah ini mungkin memerlukan saran dan bantuan yang membangun, tetapi itu tidak boleh dengan nada memerintah yang berasal dari superioritas moral yang dituduhkan. ”

Kedutaan Kanada di Riyadh meminta pihak berwenang Saudi dalam sebuah posting tweet untuk membebaskan sejumlah aktivis masyarakat sipil, yang dianggap Arab Saudi sebagai gangguan dalam urusan internalnya. Arab Saudi menanggapi dengan mengurangi tingkat hubungan diplomatik dan menghentikan kerjasama dengan Ottawa di beberapa bidang, terutama perdagangan, pendidikan dan obat-obatan.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah