Berita Dunia Islam Terdepan

Aktivis anti-Muslim Inggris dibebaskan dengan jaminan

157

Support Us

LONDON (Arrahmah.com) – Mantan pemimpin Liga Pertahanan Inggris (EDL) sayap kanan dan aktivis anti-Islam, Tommy Robinson, telah dibebaskan dengan jaminan setelah memenangkan banding atas tuduhan pengadilan, Sky News melaporkan. Pengadilan London memutuskan bahwa proses hukum Robinson cacat dan memerintahkan pembebasannya dari tahanan.

Tommy Robinson (yang nama aslinya adalah Stephen Yaxley-Lennon) adalah salah satu pendiri dan mantan pemimpin EDL yang juga anti-imigran, dan sekarang bekerja sebagai aktivis jurnalis dan anti-Islam.

Dia ditangkap pada 25 Mei dan dituduh melanggar perdamaian di luar Pengadilan Kerajaan Leeds, ketika dia menyiarkan satu jam video panjang di luar gedung pengadilan tempat persidangan untuk kasus perkosaan geng sedang berlangsung. Dia dijatuhi hukuman 13 bulan penjara.

Berita Terkait

Pendukung Robinson membuat petisi online untuk pembebasannya, yang mengumpulkan lebih dari 600.000 tanda tangan. Petisi itu mengklaim bahwa aktivis itu dijatuhi hukuman karena “melaporkan berkembangnya kelompok Muslim” dan memberi tahu publik tentang “semua kesalahan yang dilakukan atas nama Allah”.

Duta Besar AS untuk Kebebasan Beragama Internasional di Inggris Sam Brownback juga memperjuangkan pembebasan aktivis ini. Brownback mendesak London untuk memperlakukan kasus Robinson “dengan simpatik” dan memperingatkan bahwa administrasi Trump mungkin akan mengkritik pemerintah Inggris, menurut Reuters.

Meski demikian, Departemen Luar Negeri AS belum mengkonfirmasi informasi ini. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah