Berita Dunia Islam Terdepan

Musim haji, ratusan pemuda di Saudi menjadi sukarelawan

230

Support Us

MEKKAH (Arrahmah.com) – Musim Haji memberi kesempatan besar bagi pemuda Saudi yang ingin bekerja sebagai sukarelawan di Mekkah, di mana sejumlah besar pemuda baik laki-laki maupun perempuan memanfaatkan liburan musim panas yang bertepatan dengan musim Haji, untuk menemukan peluang bagi pekerjaan sukarela musiman baik di Mekkah dan di tempat-tempat suci lainnya.

Sebagian besar pemuda ini lebih suka memberikan layanan kepada para jamaah, melalui kerja sukarela di lembaga pemerintah dan swasta yang mempekerjakan ratusan orang Saudi dan non-Saudi setiap musim, di samping sejumlah besar sukarelawan lainnya dari berbagai wilayah Kerajaan dan dalam sejumlah pekerjaan spesifik.

Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh para pemuda ini selama pekerjaan sukarela mereka dalam haji, adalah senyuman yang selalu terlihat jelas di wajah mereka, melayani para jamaah.

Pekerjaan sukarela memberikan para relawan ini pengalaman dan peluang di berbagai bidang.

Walid Hamoud dan Maatouq Saraj mendeskripsikan ini sebagai “peluang besar” karena mereka memperoleh moral dan belajar banyak tentang budaya yang berbeda karena kehadiran para jamaah haji dari seluruh dunia.

Berita Terkait

Sementara itu, para sukarelawan lainnya lebih suka bergabung dengan sebuah lembaga untuk bekerja sebagai “Mutawif” seperti Allaeldinne Mandili, Abdulrahman al-Khawtani dan Naif Samsari mengatakan sifat pekerjaan mereka didedikasikan sepenuhnya untuk menerima para jamaah dan mengatur pick-up dan drop-off dan membantu para peziarah dengan informasi mengenai lokasi tertentu dan layanan lainnya.

Talal Qasas, yang mengepalai Perusahaan Asia Selatan Muttawiffy Hujjaj, mengatakan bekerja selama musim haji adalah hak istimewa bagi pemuda ketika mereka belajar bagaimana mengandalkan diri mereka sendiri dan bagaimana menghadapi orang-orang dari latar belakang yang berbeda.

Dia menambahkan banyak lembaga ini mengadakan lokakarya dan sesi pelatihan untuk membuat para sukarelawan siap menghadapi tantangan apa pun yang mungkin mereka hadapi di lapangan.

Sejumlah sektor pemerintah mencoba menarik sukarelawan setiap tahun, termasuk pertahanan sipil, Bulan Sabit Merah, Pramuka Saudi, universitas, sejumlah sektor kesehatan dan lembaga sektor swasta.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah