Berita Dunia Islam Terdepan

Korsel sambut denuklirisasi bertahap Korut

177

Support Us

SEOUL (Arrahmah.com) – Keputusan Korea Utara untuk membongkar salah satu lokasi uji coba rudal “adalah tanda yang lebih baik daripada tidak sama sekali,” menurut seorang pejabat keamanan terkemuka Korea Selatan Selasa.

Nam Gwan-pyo, direktur senior dari Kantor Keamanan Nasional kepresidenan Seoul, ditanya oleh wartawan tentang klaim oleh situs AS 38 North bahwa Korea Utara telah mulai membongkar Stasiun Pengoperasian Satelit Sohae, yang telah menjadi pusat uji coba rudal utamanya sejak 2012.

“Ini kemungkinan akan memiliki efek yang baik pada denuklirisasi,” kata Nam seperti dikutip oleh kantor berita lokal Yonhap.

Kritik semakin meningkat atas kurangnya kemajuan di Korea Utara sejak pertemuan bersejarah bulan lalu antara Ketua Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Berita Terkait

Sementara mereka sepakat bahwa Pyongyang akan melakukan denuklirisasi, Washington tidak dapat mengamankan garis waktu.

Namun, Trump bersikeras dalam cuitan di Twitter pada Senin bahwa dia “sangat senang” tentang perkembangan di front Korea Utara.

Langkah denuklirisasi signifikan pertama Pyongyang tahun ini datang pada bulan Mei, ketika negara tertutup mengundang jurnalis untuk menyaksikan pembongkaran lokasi uji coba nuklirnya.

Namun, Korea Utara belum menyerahkan senjata nuklirnya, yang diklaim Pyongyang dapat menyerang daratan AS.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah