Berita Dunia Islam Terdepan

Pasar Al-Qaisariya di Arab Saudi bertahan sejak abad ke-19

270

Support Us

AL-AHSAA (Arrahmah.com) – Pasar Al-Qaisariya yang terletak di Al-Ahsaa, Arab Saudi, telah berkembang selama ratusan tahun, menarik penduduk dan pengunjung ke salah satu situs bersejarah negara tersebut.

Bangunan Al-Qaisariya, terbuat dari batu bata tanah liat, memegang esensi dari masa lalu, dianggap sebagai permata arsitektur ikonik dari pemerintahan Al-Ahsaa.

Mereka adalah cerminan dari kehidupan lama di bidang ekonomi, perdagangan, dan sosial ini.

Al-Qaisariya dianggap sebagai pasar tradisional terbesar di kawasan Teluk Arab pada saat itu. Dan bahkan dengan standar modern, tetap menjadi pusat perdagangan yang signifikan meskipun ada perkembangan arsitektur di daerah sekitarnya, dan pembentukan pasar baru.

Luas total pasar Al-Qaisariya diperkirakan sekitar 7.000 meter persegi dengan total 420 toko. Bangunan tersebut berdesain arsitektur yang unik di Semenanjung Arab, toko-toko dibangun berjajar, diselingi dengan penyeberangan di kedua sisi pasar.

Desain arsitektur Al-Qaisariya tidak asing dengan Al-Ahsaa, tetapi terintegrasi dengan baik dalam kain perkotaannya, dan salah satu fitur arsitektur milik gubernur.

Kebakaran sempat terjadi di pasar Al-Qaisariya pada tahun 2001 namun pihak berwenang di Arab Saudi dengan cepat untuk memperbaiki kerusakan, membangun kembali pasar tradisional tersebut sambil mempertahankan esensi historisnya, dan detail fitur arsitektur Al-Ahsaa.

Pada saat itu, Pangeran Sultan bin Salman bin Abdel Aziz, kepala Otoritas Pariwisata dan Warisan Nasional Umum, mengunjungi situs tersebut untuk memastikan langkah-langkah pembangunan sedang berlangsung.

Rekonstruksi pasar Al-Qaisariya dilakukan menggunakan “bahan ramah lingkungan” untuk mempertahankan esensi dari tempat bersejarah.

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah