Berita Dunia Islam Terdepan

Al-Bashir buka perbatasan Sudan Selatan

455

Support Us

KHARTOUM (Arrahmah.com) – Presiden Sudan Omar al-Bashir pada Selasa (26/6/2018) mengumumkan keputusannya untuk membuka perbatasan Sudan Selatan dengan maksud untuk memfasilitasi lalu lintas manusia dan komersial, MEMO melaporkan.

“Kami akan mendukung Anda (rakyat Sudan Selatan) dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mencapai perdamaian di negara Anda,” kata al-Bashir dalam pembicaraan di Khartoum dengan Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir dan pemimpin oposisi Riek Machar.

“Pengungsi Sudan Selatan menghadapi keadaan luar biasa,” tambahnya. “Kami akan melakukan segalanya sesuai dengan kemampuan kami untuk mendukung mereka dan meringankan penderitaan mereka.”

Berita Terkait

Dalam perkembangan terkait, Menteri Luar Negeri Sudan Al-Dirdiri Mohamed Ahmed mengatakan Kiir dan Machar telah menyetujui “banyak poin” selama pembicaraan.

“Pembicaraan tertutup antara Kiir dan Machar … berakhir dalam kesepakatan pada sejumlah poin, yang semuanya akan diumumkan Rabu pagi,” kata al-Dirdiri tanpa memberikan rincian tambahan.

Kiir dan Machar diperkirakan akan bertemu di Mauritania awal bulan depan dengan harapan melakukan perjanjian perdamaian yang langgeng.

Sudan Selatan turun dilanda perang pada akhir 2013 ketika Kiir menuduh Machar, mantan wakil presiden, merencanakan kudeta terhadapnya – tuduhan yang disangkal Machar. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah