Berita Dunia Islam Terdepan

Asy-Syabaab rebut kota di Somalia tengah

648

Support Us

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Kelompok Asy-Syabaab telah merebut kembali sebuah kota kecil di pusat negara itu setelah ditinggalkan oleh pasukan pemerintah, kata penduduk pada Sabtu (2/6/2018).

Baku hantam pecah di kota Muqokori, sekitar 300 kilometer di utara ibu kota Mogadishu, Jum’at malam (1/6), hampir sebulan setelah pasukan pemerintah menggulingkan para pemberontak.

“Asy-Syabaab menyerang dari berbagai arah. Setelah satu jam pertempuran, pasukan pemerintah melarikan diri dan Asy-Syabaabab menguasai wilayah tersebut,” kata Hussein Nur, seorang sesepuh setempat, kepada Reuters melalui telepon.

Sementara Asy-Syabaab mengklaim bahwa 47 tentara pemerintah telah tewas dalam pertempuran.

Berita Terkait

“Mayat mereka ada bersama kami,” kata Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer Asy-Syabaab, menambahkan mereka telah menangkap empat kendaraan dan puluhan senjata.

Militer pemerintah mengklaim para ‘pemberontak’ tidak memiliki kendali penuh. dan bahwa tentara mereka ditarik karena alasan strategis.

“Hanya ada beberapa tentara di sana dan mereka meninggalkan kota karena alasan-alasan taktis,” kata Mayor Abdullahi Aden kepada Reuters.

Aden tidak memberikan rincian korban. (Althaf/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah