Tips bagaimana tetap bugar selama Ramadhan

Kurma sangat bagus dikonsumsi saat berbuka puasa. (Foto: Internet)
573

(Arrahmah.com) – Bulan suci datang lagi, saat dimana 1,84 miliar Muslim di seluruh dunia akan menyambutnya, dengan hari pertama shaum di sebagian besar negeri kaum Muslim dimulai pada 17 Mei besok, termasuk Indonesia.

Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi ummat Islam karena Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam pada malam Lailatul Qadr, salah satu dari 10 malam terakhir.

Jutaan ummat Islam di seluruh dunia akan berpuasa setiap hari selama satu bulan, menahan diri dari makan dan minum sejak matahari terbit hingga terbenam.

Berpuasa sepanjang hari bisa menjadi sangat melelahkan bagi sebagian orang tergantung dimana mereka tinggal.

Misalnya, mereka yang tinggal di Oslo, Norwegia, akan berpuasa selama 19 jam, sementara Muslim di Al-Quds akan berpuasa selama sekitar 15 jam dan mereka yang tinggal di selatan khatulistiwa seperti Buenos Aires, Argentina hanya akan berpuasa selama 12 jam.

Adalah umum untuk mengalami kelelahan dan dehidrasi ketika berpuasa.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan yang bisa membantu tubuh tetap bugar sepanjang hari seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (15/5/2018).

* Air. Air dan lebih banyak air selama jam-jam malam, para ahli menyarankan untuk minum air sebanyak mungkin selama waktu berbuka puasa dan makan sahur, terutama jika cuaca panas diperkirakan terjadi di siang hari. Pastikan Anda meminum setidaknya dua liter air selama jam-jam malam.

* Pelajari pentingnya keseimbangan. Ketika berpuasa, tubuh Anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sistem. Para ahli menekankan bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa ketika Anda diperbolehkan untuk makan, Anda harus menjaga makanan Anda tetap seimbang dan cukup nutrisi dari masing-masing kelompok pangan.

* Pikirkan tentang alternatif. Tukar goreng-gorengan dengan panggang, memanggang atau menggoreng dengan sedikit minyak dan menukar makanan yang lebih berat dengan alternatif yang ringan. Misalnya tukar kue dan coklat dengan buah-buahan dan yoghurt.

* Kebugaran dan puasa dapat bekerja sama. Penggemar olahraga bisa tetap melakukan rutinitasnya. Latihan ringan sangat bagus untuk menjaga aliran darah dan sistem kerja tubuh. Latihan kardio juga baik dilakukan saat berpuasa selama tidak berlebihan.

* Banyak protein dan hindari garam untuk sahur. Karena para ahli makanan menganjurkan memakan makanan yang akan memberi tubuh energi untuk bertahan selama beberapa jam. Sangat penting untuk fokus pada makanan yang lambat dicerna seperti yang proteinnya tinggi dan seratnya tinggi. Beberapa contoh yang bagus adalah gandum, beras merah, roti gandum atau pasta.

* Waktu ifthar adalah untuk air, kurma dan makanan yang seimbang. Ini adalah tradisi bagi Muslim untuk berbuka puasa dengan kurma, yang memiliki banyak manfaat. Memakan makanan yang kaya energi dengan gula alami adalah cara yang baik untuk menyediakan energi yang cepat dilepaskan ke sistem. Makanan seperti buah mentah, terutama kurma dan jus buah sangat cocok untuk ini. Ketika makan, sangat penting memakan makanan yang terdiri dari karbohidrat berpati baik, seperti kentang, nasi dan roti, bersama asupan sayuran yang baik, protein seperti daging atau ikan.

(haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.