Pernyataan Sikap Komite Ulama Palestina Luar Negeri Terkait Pemboman Gereja di Surabaya

Bom Gereja Surabaya
1,034

Bismillahirrahmanirrahim

Pernyataan Sikap Komite Ulama Palestina Luar Negeri Terkait Pemboman Gereja di Jawa Timur- Indonesia

(Arrahmah.com) – Segala Puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Shalawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya dan para pengikutnya sampai hari akhir, Amma Ba’du :

Komite Ulama Palestina Luar Negeri mengecam dan mengutuk aksi pemboman yang menargetkan tiga gereja di Surabaya. Ledakan tersebut telah merenggut puluhan korban baik korban jiwa ataupun luka-luka. Kami Komite Ulama Palestina Luar Negeri mengutuk tindakan brutal tersebut dengan tegas :

1. Tindakan kriminal tersebut merupakan kejahatan di muka bumi, tidak sesuai dengan ajaran islam, bahkan mencoreng nama baik Islam, dan tindakan tersebut menyebabkan akibat buruk bagi pelakunya di akhirat.

Allah berfirman: “Dan orang-orang yang melanggar janji Allah setelah diikrarkannya, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah agar disambungkan dan berbuat kerusakan di muka bumi. Mereka itu memperoleh kutukan dan tempat kediaman yang buruk (Jahannam).” [QS. Ar-Ra’du: 25]

Allah berfirman: “Oleh karena itu kami tetapkan ( suatu hukum ) bagi bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul kami telah datang kepada mereka dengan ( membawa ) keterangan-keterangan yang jelas.tetapi kemudian banyak diantara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.“ [Qs. Al-Maidah: 32]

2. Hubungan antara Muslim dan Kristen di berbagai Provinsi yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa Timur dalam kondisi harmonis, ditandai dengan hubungan yang baik dan komunikasi yang erat, kami berharap tindakan amoral tersebut tidak memperkeruh hubungan dan disikapi dengan bijak baik oleh cendikiawan dari kalangan muslim ataupun Kristen,.

Sebagaimana Allah SWT berfirman: “Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.“ [Al-Mumtahanah: 8]

3. Kami sampaikan kepada masyarakat dan pemimpin di Indonesia, baik Muslim ataupun non Muslim rasa bela sungkawa kami untuk korban yang meninggal dunia, dan untuk para korban luka semoga lekas sembuh, dan semoga Allah melindungi Indonesia dari tipudaya para pelaku kejahatan.

Komite Ulama Palestina Luar Negeri

13 Mei 2018 / 27 Sya’ban1439

 

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.