Berita Dunia Islam Terdepan

Pemimpin Korea Utara dan Selatan lakukan pembicaraan di perbatasan antar-Korea

183

Support Us

SEOUL (Arrahmah.com) – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyambut rekan Korea Utara Kim Jong-un Jumat pagi (27/4/2018) ketika mereka bertemu untuk pertemuan antar-Korea yang ketiga kalinya dan yang pertama sejak 2007.

Moon dan Kim berjabat tangan di seberang perbatasan di Area Keamanan Bersama Panmunjom sebelum pemimpin Selatan menerima undangan tak terduga untuk melangkah sebentar ke sisi Utara.

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke tanah Korea Selatan untuk pembicaraan yang akan dilanjutkan di dua sesi sebelum jamuan makan malam.

Kantor kepresidenan Seoul telah menegaskan bahwa KTT yang sukses akan berarti mengambil langkah konkrit menuju denuklirisasi Korea Utara.

Sementara Kim telah mengumumkan pembekuan uji coba nuklir dan rudal, Amerika Serikat mengharapkan Pyongyang untuk melangkah lebih jauh jika ingin membebaskan diri dari sanksi global.

“Saya akan mengadakan diskusi yang baik dengan Presiden Moon dengan sikap yang jujur, tulus, ​​dan membuat hasil yang baik,” kata pemimpin Korea Utara itu yang dilansir World Bulletin.

Moon merayakan pergeseran Panmunjom dari menjadi simbol perpecahan menuju perdamaian. Perbatasan itu dijaga ketat sejak Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata ketimbang perjanjian damai.

Kim dalam antrean untuk mengadakan KTT lebih lanjut dengan Presiden AS Donald Trump pada bulan Juni, meskipun rinciannya belum dapat dikonfirmasi.

Ketika KTT dimulai, Gedung Putih mengaku optimis bahwa pembicaraan akan dapat mencapai kemajuan pada perdamaian yang sulit dipahami di semenanjung Korea.

“Amerika Serikat menghargai koordinasi erat dengan sekutu kami, Republik Korea, dan berharap untuk melanjutkan diskusi yang kuat dalam persiapan untuk pertemuan yang direncanakan antara Presiden Donald J. Trump dan Kim Jong Un dalam beberapa pekan mendatang,” kata juru bicara Sarah Sanders dalam sebuah pernyataan. (fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah