Berita Dunia Islam Terdepan

Trump: Pejabat perdagangan AS akan segera kunjungi Cina

211

Support Us

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada Selasa (24/4/2018) bahwa para pejabat perdagangan AS akan segera melakukan perjalanan ke Cina disaat Washington dan Beijing berusaha menyelesaikan sengketa perdagangan yang telah mengguncang pasar dan membuat eksportir menjadi gelisah.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan pejabat lainnya akan melakukan perjalanan atas perintah Beijing, kata Trump kepada wartawan.

“Menteri Keuangan, Steve Mnuchin, akan pergi ke Cina dalam beberapa hari untuk bernegosiasi tentang perdagangan,” katanya. “Saya pikir Cina sangat serius; kami sangat serius. ”

“Jadi kami akan memiliki delegasi, atas permintaan mereka, pergi ke Tiongkok. Mereka datang ke sini baru-baru ini, dan kami pergi ke sana. Dan itu akan bagus.”

Dia mengatakan kedua belah pihak memiliki “peluang sangat bagus” untuk mencapai kesepakatan.

Trump telah mengesahkan tarif sekitar $ 50 miliar dalam ekspor Cina sebagai tanggapan terhadap dugaan pencurian kekayaan intelektual Amerika.

Beijing telah menanggapi dengan segera membayar bea atas ekspor pertanian utama AS, dalam langkah-langkah yang ditujukan untuk menargetkan basis dukungan presiden Amerika – dan dapat melakukan hal yang sama untuk industri kedelai AS yang sensitif.

Trump menuduh Cina mengendalikan defisit perdagangan senilai $ 337 miliar dengan Amerika Serikat melalui praktik perdagangan yang tidak adil yang ia yakini melemahkan basis industri dan angkatan kerja Amerika.

Namun dalam komentar yang membantu menenangkan pasar, Xi baru-baru ini berjanji untuk membuka Cina, termasuk sektor otomotif dan keuangannya, untuk perdagangan dan investasi asing lebih banyak.

Dan pada Selasa Trump menggambarkan hubungannya dengan Presiden China Xi Jinping sebagai “sangat baik.”

“Saya percaya perdagangan akan berhasil tetapi saya juga berpikir Cina tidak pernah memperlakukan kami dengan lebih hormat daripada yang mereka miliki selama periode waktu singkat terakhir bahwa saya presiden,” kata Trump.

Mnuchin mengatakan kepada wartawan pada akhir pekan bahwa ia sedang mempertimbangkan perjalanan, mendorong Beijing untuk mengumumkan pada Ahad bahwa Cina “menyambut” langkah itu.

Pembantu ekonomi senior Trump, Peter Navarro, serta Direktur Ekonomi Nasional Larry Kudlow, akan melakukan perjalanan dengan Mnuchin dan Lighthizer untuk perjalanan yang kemungkinan akan dilaksanakan pada 3-4 Mei, The Wall Street Journal melaporkan, mengutip sumber anonim. (fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah