Berita Dunia Islam Terdepan

Pejabat tinggi gereja Vatikan kunjungi Saudi untuk bekerja sama memerangi "ekstremisme"

62

Support Us

RIYADH (Arrahmah.com) – Global Center for Combating Extremist Ideology “Etidal” menerima kunjungan Kardinal Jean Louis Tauran, presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama di Kuria Roma, sebagai bagian dari kunjungan bersejarahnya ke Arab Saudi.

Sekretaris Jenderal Etidal, Dr. Nasser Albuqami, menyambut kedatangan Kardinal dan delegasinya dan membahas upaya untuk memerangi ideologi “ekstremis”, penggunaan media, teknologi Etidal untuk menghambat perekrutan kelompok “ekstremis” dan untuk mempromosikan toleransi dan koeksistensi di antara berbagai agama dan budaya.

Sekretaris Jenderal Albuqami memberikan Kardinal penjelasan singkat, “Etidal telah merancang sistem pembelajaran mesin dan algoritma untuk mendeteksi konten online kekerasan dan ‘ekstremis’. Kami menganalisis konten ini dan kemudian mengantisipasi bagaimana kelompok ‘ekstremis’ menggunakan konten ini untuk merekrut pemirsa yang rentan. Untuk mengatasi upaya ini, kami menyusun program dan proyek strategis yang mendorong toleransi dan moderasi. ”

Berita Terkait

Etidal adalah upaya oleh komunitas internasional untuk mengekspos, memerangi dan menyangkal ideologi “ekstremis”. Pusat – yang dikenal sebagai “Etidal,” bahasa Arab untuk “moderasi” – didirikan pada tahun 2017 dan berlokasi di Riyadh, upaya kerja sama lebih dari 55 negara. Pusat ini beroperasi terutama di sekitar tiga inti – ideologi, teknologi, dan media.

Setelah kunjungan tersebut, Kardinal Tauran berkomentar, “Sangat penting untuk melihat bahwa Etidal memiliki misi dan visi. Pusat ini sangat bijak untuk menganalisa penyebab-penyebab ‘ekstremisme’. Sebagian besar waktu, ‘ekstremisme’ diprovokasi oleh ketidakadilan. ”

Kardinal melanjutkan, “Saya pikir kami memiliki dua musuh: ‘ekstremisme’ dan ketidaktahuan. Saya tidak percaya pada benturan peradaban melainkan dalam benturan ketidaktahuan. Seringkali orang bereaksi karena mereka tidak tahu siapa Anda atau siapa mereka. ”

Sekretaris Jenderal Etidal Albuqami menambahkan, “Kunjungan Kardinal Tauran mewakili pentingnya kemitraan dan kerjasama dalam perang melawan ideologi-ideologi ‘ekstremis’.” (fath/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah