Berita Dunia Islam Terdepan

Bangladesh akan pindahkan pengungsi Rohingya ke pulau terpencil

405

Support Us

DHAKA (Arrahmah.com) – Bangladesh akan mulai merelokasi sekitar 100.000 pengungsi Rohingya ke pulau terpencil di lepas pantai selatan pada Juni mendatang, ujar seorang pejabat senior, meski ada peringatan bahwa lokasi itu rentan terhadap cuaca buruk.

Otoritas Bangladesh mengatakan tempat penampungan untuk sekitar 50.000 pengungsi telah dibangun di Bhashan Char, sebidang tanah berlumpur yang muncul di Teluk Benggala pada 2006. Sisa penampungan akan selesai dibangun dalam waktu dua bulan, ujar Shah Kamal kepada badan-badan PBB selama pertemuan di Dhaka, lansir Daily Sabah pada Kamis (5/4/2018).

Berita Terkait

Angkatan laut juga mengisi dataran rendah membangun tanggul di sekeliling perimeter untuk memastikan pulau itu dapat menahan banjir pasang surut dan badai musim hujan.

Hampir 700.000 pengungsi Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh sejak Agustus, melarikan diri dari kekerasan militer di negara bagian Rakhine yang dikatakan oleh PB sebagai pembersihan etnis.

Kamal mengatakan pengungsi yang paling rentan terhadap monsun akan ditawari kesempatan untuk pindah ke pulau kecil, yang terletak di barat kota Chittagong. Prosesnya akan bersifat sukarela, tambahnya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Banner Donasi Arrahmah