Berita Dunia Islam Terdepan

Konvoi Ketiga Warga Sipil dan Pasukan Oposisi Tinggalkan Ghautah Timur

935

Support Us

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Konvoi ketiga kendaraan yang membawa warga sipil dan pejuang oposisi dari pinggiran Damaskus di Ghautah Timur telah tiba di provinsi Hama di Suriah barat pada Ahad (25/3/2018).

Menurut koresponden Anadolu Agency di Ghautah Timur, konvoi yang terdiri dari 17 bus telah meninggalkan daerah yang terkepung itu pada Sabtu malam membawa lebih dari 994 orang, termasuk 132 orang yang terluka.

Warga sipil dan pejuang oposisi dievakuasi dari Ghautah Timur [Anadolu Agency]

Orang-orang dievakuasi dari kota Arbin, Zamalka dan Ein Tarma di Ghautah Timur.

Konvoi itu diperkirakan akan tiba di kota Maarrat Al-Numan di provinsi Idlib di barat laut Suriah.

Konvoi ketiga kendaraan yang membawa warga sipil dari Ghautah Timur ke Hama terlihat di Damaskus, Suriah pada 24 Maret 2018. (Anadolu Agency)

 

Sebanyak 8.000 orang, termasuk pejuang oposisi dan keluarganya, dijadwalkan akan dievakuasi dari wilayah yang telah dikuasai rezim itu, sebagai bagian dari perjanjian antara rezim Assad Suriah dan kelompok pejuang oposisi yang diperantarai Rusia

Pada 24 Februari, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengadopsi Resolusi 2401, yang menyerukan gencatan senjata di Suriah – terutama di Ghautah Timur – untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Meskipun ada resolusi gencatan senjata, rezim Assad dan sekutu-sekutunya pada awal bulan ini masih meluncurkan serangan darat yang bertujuan untuk merebut wilayah wilayah yang masih dikuasasi oposisi di distrik itu.

(ameera/arrahmah.com)

Iklan

Iklan

Iklan